POPULER

FKIP Unisri Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital

FKIP Unisri Gelar Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital

WARTAJOGLO, SOLO - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Slamet Riyadi / FKIP Unisri Surakarta menggelar pelatihan "Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital", Rabu (28/7/2022).

Menurut Ketua panitia Dr Ayu Istiana Sari, pelatihan yang diikuti 50 peserta itu adalah bagian dari pelaksanaan "Program Kompetensi Kampus Merdeka" di Program Studi Bahasa Inggris (PBI).

Pembicara dari Kota Malang, Senior Editor & Kepala Unit Keredaksian PT Cita Intrans Selaras, Abdur Rahim, didatangkan dalam pelatihan penulisan yang dibuka Rektor Unisri Prof Dr Sutardi itu. Hadir pula dalam pembukaan, ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi Surakarta, Sularno.

Abdur Rahim saat menyampaikan materi

"Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital ini bertujuan untuk peningkatan mutu relevansi dan inovasi pendidikan tinggi dalam merespon perkembangan IPTEK di masa depan sesuai keunggulan program studi," kata Dr Ayu Istiana Sari.

Dalam sambutannya, Dekan FKIP Unisri Surakarta Sri Hartini MPd, mengatakan, sesuai perkembangan zaman, seperti sekarang ini, buku ajar yang diberikan bagi anak-anak milenial atau generasi z harus serba digital.

"Karena itu, sangat tepat kalau Unisri menggelar pelatihan penulisan buku ajar berbasis digital bagi para dosen," kata Sri Hartini.

Baik rektor Prof Dr Sutardi maupun ketua yayasan Sularno sangat mendukung pelatihan penulisan buku ajar berbasis digital tersebut. Menurut mereka, pelatihan itu sangat penting dan bermanfaat bagi peserta yang mengikuti.

Rektor mengatakan, tantangan bagi dosen atau pengajar adalah bagaimana anak anak tertarik untuk belajar, di tengah era digital sekarang ini. "Jadi buku atau bahan ajar yang digunakan tidak hanya sebatas narasi, tapi juga ada gambar dan pendukung lainnya agar menarik," kata rektor.

Ketua yayasan, Sularno berharap, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unisri akan lebih eksis berkontribusi dikancah nasional maupun internasional dan terus mengembangkan diri dalam peningkatan kualitas yang selalu memenuhi kebutuhan zaman.

Sementara itu dalam paparannya, Abdur Rahim berpesan, bila ada sebuah buku yang ingin kau baca, tetapi buku belum ditulis, maka kaulah yang harus menulis.

"Kalau mau menulis buku, mulailah menulis tentang hal yang kita sukai," kata Abdur Rahim, yang membawakan materi bertajuk : Taktis Menyusun Buku Ajar, Referensi, & Ensiklopedia. //lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel