POPULER

Pentingnya Penguatan Karakter Perguruan Tinggi Menuju Era Transformasi Teknologi

Pentingnya Penguatan Karakter Perguruan Tinggi Menuju Era Transformasi Teknologi

WARTAJOGLO, Solo - Transformasi teknologi yang begitu cepat saat ini perlu disikapi dengan tepat, agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas peradaban melalui pendidikan. 

Pendidikan memegang peran penting pada kemajuan peradaban suatu bangsa. 

Melalui pendidikan, karakter suatu bangsa akan terbentuk yang akan mempengaruhi kekuatan eksistensi suatu negara. 

Hal ini seperti yang tertuang pada UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 

Mengingat pentingnya peran Pendidikan, maka hal ini perlu menjadi perhatian khusus. 

Sandiaga Uno saat memberi sambutan

Berbekal komitmen penuh untuk memajukan peradaban bangsa dengan mengemban nilai-nilai Islami, Universitas Islam Batik Surakarta selalu berupaya untuk membuka ruang diskusi ilmiah. Yang nantinya dapat berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan.

Salah satu rangkaian kegiatan pada Dies Natalis UNIBA Surakarta ke -39 kali ini adalah webinar nasional dan call for paper yang mengusung tema, “Penguatan Karakter Perguruan Tinggi Menuju Era Transformasi Teknologi”. 

Awal linimasa pada acara ini dimulai pada tanggal 25 April 2022 dan puncak acara pada tanggal 14 Juli 2022. 

Webinar Nasional yang membahas mengenai penguatan karakter perguruan tinggii menuju era transformasi teknologi ini menghadirkan tiga narasumber dan seorang keynote speaker.

Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, BBA, MBA, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menjadi Keynote Speaker yang membawakan materi Transformasi Teknologi dalam Ekonomi Kreatif. 

"Saya ucapkan selamat atas prestaai yang telah ditorehkan UNIBA selama 39 tahun dalam memberi pencerahan dan peningkatan SDM kita," ucap Sandiaga Uni dalam sambutannya. 

Selanjutnya, narasumber pertama pada webinar ini adalah Dr. Lukman ST, M.Hum dari Direktur Kelembagaan Dirjen Dikti, Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Riset Dan Teknologi yang membawakan materi Kebijakan Teknologi pada Perguruan Tinggi. 

Narasumber kedua adalah Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, ST, MT, President of IEOM Indonesia Profesional Chapter, membawakan materi Karakter Perguruan Tinggi menghadapi Transformasi Teknologi dan Bersinergi dengan Dunia Industri. 

Lalu Andi Setyo Nugroho, ST., M.BA, CTO PT. Indonesia Satu Tujuh, ditunjuk sebagai narasumber ketiga  yang membawakan materi Ide dan Strategi dalam Mengelola Perusahaan Berbasis IT serta Peluang Kerjasama dengan Perguruan Tinggi.

Acara yang ditujukan untuk akademisi, mahasiswa, praktisi dan regulator bertujuan untuk membuka ruang diskusi ilmiah, khususnya pada peran penguatan karakter perguruan tinggi pada era transformasi teknologi. 

Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu menjembatani antara UNIBA Surakarta dengan para stakeholder dalam rangka penguatan karakter perguruan Tinggi.//Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel