POPULER

Baru Pertama Ikut Peksimida, Alya Nur Fadilla Langsung Raih Juara Kedua

Baru Pertama Ikut Peksimida, Alya Nur Fadilla Langsung Raih Juara Kedua

WARTAJOGLO, Solo - Alya Nur Fadilla, mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta berhasil meraih juara kedua pada tangkai lomba Komik Strip dalam event Pekan Seni Mahasiswa daerah (Peksimida) tingkat Jawa Tengah 2022.

Mahasiswa yang masih duduk di semester V berhasil menjadi juara melalui karya komik strip dengan teknik hitam putih.

Event Peksimida ini baru pertama kali diikuti Alya, yang mana tahun ini diselenggarakan di FBS Unnes Semarang pada 22 -24 Agustus 2022.

Sedangkan sebagai juara 1, yaitu Muhammad Rafi dari Unnes Semarang dan juara 3 dari mahasiswa Undip Semarang, yakni Aldibro Rizlan W. 

Alya (kerudung krem) berhasil meraih juara kedua dalam ajang Peksimida 2022
Peksimida sendiri merupakan event dua tahunan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi mahasiswa terhadap seni dan budaya.

Selain itu juga dimaksudkan sebagai ajang memupuk rasa persaudaraan, kerja sama, dan menjalin persaudaraan dan kesatuan antar mahasiswa dari. 

Mahasiswa sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa perlu melengkapi dirinya dari segala aspek, termasuk aspek seni dan budaya, yang mengandung segi-segi kepekaan sosial, rasa disiplin, kekompakan, kebersamaan, kepercayaan diri dan lain-lain.

Kegiatan ini merupakan program Kemendikbudristek yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. 

Pada pelaksanaannya, Kemendikbudristek melalui Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) setiap daerah berupaya untuk mengembangkan potensi mahasiswa terhadap seni, baik seni suara, seni pertunjukan, penulisan sastra, dan seni rupa.

Khusus tangkai lomba seni rupa dan desain, FSRD ISI Surakarta mengikuti ketiga tangkai lomba dengan mengirimkan tiga mahasiswa, yakni Alya Nur Fadilla (Prodi DKV) untuk tangkai lomba Komik Strip, Exa Syafina Jullyan Rizqita (Prodi DKV) untuk Poster, dan Ahmad Sahal Mahfudz (Prodi Seni Murni) untuk Lukis.

"Semoga dengan raihan prestasi ini dapat memberi spirit berkompetisi untuk mahasiswa yang lainnya," ujar Rendya Adi Kurniawan,  S.Sn., M.Sn dosen Prodi DKV FSRD ISI Surakarta yang juga menjadi dosen pembimbing Alya.

Selain itu, Rendya memaparkan bahwa khusus tangkai lomba Komik Strip dan Poster diadakan seleksi internal.

"Sebelum berpartisipasi dalam lomba ini, kita telah mengadakan seleksi internal untuk menjaring potensi mahasiswa dan untuk mempersiapkan wakil mahasiswa dengan melaksanakan pendampingan baik secara teknis maupun penentuan dan ide sebelum mengikuti seleksi di Jawa Tengah," tandasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel