POPULER

Tingkatkan Kualitas Tontonan, Kru Wayang Orang Sriwedari Jalani Pelatihan Lighting dan Sound System

Tingkatkan Kualitas Tontonan, Kru Wayang Orang Sriwedari Jalani Pelatihan Lighting dan Sound System

WARTAJOGLO, Solo - Untuk bisa menyajikan lighting dan tata suara yang menakjubkan, sejumlah pengelola dan crew Wayang Orang Sriwedari Solo mengikuti pelatihan dan pendampingan perbaikan lighting dan sound system, pada Rabu 23 Agustus 2022.

Dalam pelatihan ini dihadirkan akademisi sekaligus praktisi di bidang sound system dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, yakni Mahawang Agung Prabowo dan Supriadi.

Sementara kegiatan pendampingan dan pelatihan ini diselenggarakan oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, dengan menggunakan dana hibah dari Ditjen Dikti Kemendikbud.

Sejumlah kru wayang orang Sriwedari mengikuti pelatihan lighting dan tata suara
"Pemberdayaan yang dilakukan para mahasiswa dan dosen dalam pendampingian dilaksanakan secara sistematis dan terukur," kata Ketua Matching Fund 2022 dari Unisri Surakarta, Siti Supeni.

Supeni mengatakan, pelatihan dan pendampingan perbaikan lighting dan sound system diperlukan untuk menghasilkan lighting yang sesuai dengan scene (edegan), sehingga dapat menguatkan peran dan edegan dalam setiap pementasan dan sound system diperlukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas suara yang dihasilkan ketika pementasan sedang berlangsung.

"Tujuan dari pelatihan dan pendampingan ini adalah untuk peningkatan mutu dan kualitas lighting dan sund system, sehingga dapat menghasilkan lighting dan suara yang dapat menguatkan peran dan edegan sesuai dengan standar dan pakem," Siti Supeni.

Ada pun luaran dari kegiatan pelatihan dan pendampingan itu adalah lighting dan suara yang dapat menguatkan peran dan edegan sesuai dengan standar dan pakem.

"Ini semua untuk mewujudkan Wayang Orang Sriwedari yang bertata Kelola baik, memiliki manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang baik," pungkasnya. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel