POPULER

Buka PKKMB, Begini Pesan Rektor UNIBA Surakarta

Buka PKKMB, Begini Pesan Rektor UNIBA Surakarta

WARTAJOGLO, Solo - Ratusan mahasiswa baru Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta atau yang mendapat julukan Insan Batik Muda (Ibama) menjalani upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada Kamis, 1 September 2022.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNIBA Surakarta, Dr. H. Amir Junaidi, S.H., M.H didaulat sebagai inspektur upacara.

Upacara pembukaan tersebut meliputi prosesi penyerahan Mahasiswa Baru secara simbolis dari ketua LIPMB kepada Rektor UNIBA Surakarta. Momentum tersebut juga menjadi tanda bahwa PKKMB telah dibuka.

"PKKMB dilakukan untuk menyiapkan mahasiswa baru melalui proses transisi menjadi pembelajar dewasa, serta memberikan bekal yang dapat digunakan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi," jelas Rektor.

Para Ibama UNIBA menjalani upacara pembukaan PKKMB

PKKMB UNIBA Surakarta tahun 2022 kali ini dilselenggarakan secara luring. Melalui PKKMB, mahasiswa baru akan ditanamkan nilai idealisme, patriotisme, nasionalisme, serta kepedulian terhadap lingkungan. 

Nilai-nilai seperti religiusitas, kemandirian, gotong royong, serta integritas juga ditanamkan melalui acara ini. 

Diharapkan melalui acara ini mahasiswa baru dapat melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan baik, yang nantinya akan menjadi lulusan yang memiliki kedalaman ilmu, berakhlakul karimah, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

Setelah mengikuti upacara pembukan, mahasiswa baru diarahkan menuju lantai 4 Gedung A untuk mendapatkan pembekalan akademik, sistem administrasi dan keuangan, serta kemahasiswaan. 

Pembekalan sistem akademik dibawakan oleh Wakil Rektor Bidang I, Dr. Ariy Khaerudin, S.H., M.H. Pembakalan mengenai sistem administrasi dan keuangan dibawakan oleh Wakil Rektor II, Dr. Kartika Hendra Ts., S.E., M.Si., C.A., CSRS., CSRA, dan pembekalan tentang kemahasiswaan disampaikan oleh Dr. Ida Aryati D.W.P., S.E., M.H., M.Si, selaku Wakil Rektor Bidang III.

Selain pembekalan sistem pendidikan di universitas, mahasiswa juga diberikan pembakalan mengenai materi anti korupsi, materi anti narkoba, wawasan kebangsaan, materi anti kekerasan, investasi dan etika bersosial media, serta materi kepemimpinan. 

Mahasiswa saat ini sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek kehidupan. 

PKKMB tahun 2022 yang telah dirancang ini diharapkan mampu menjadi momentum bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi mengenai sistem pendidikan di UNIBA Surakarta baik bidang akademik maupun non-akademik. 

Acara ini juga diharapkan mampu menjadi saran untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang berdaya saing dan berakhlakul karimah, serta tanggap sosial dan lingkungan, sehingga mampu berkontribusi untuk bangsa dan negara. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel