POPULER

Learning Loss Bagi Siswa SD, Jadi Salah Satu Gagasan Tim PKM VGK Unisri

Learning Loss Bagi Siswa SD, Jadi Salah Satu Gagasan Tim PKM VGK Unisri

WARTAJOGLO, Solo - Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta lolos Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2022, dalam karya yang mengangkat tentang gagasan futuristic untuk masalah-masalah yang ada saat ini, seperti PKM Video Gagasan Konstruktif. 

Tim PKM Universitas Slamet Riyadi yang beranggotakan Rebecca Tika Kristiawan (mahasiswa PGSD), Okni Sianurjanah (mahasiswa Manajemen), dan Catur Wijayanto (mahasiswa PTI) mengangkat judul “Traveling Class Solusi Learning Loss” pengambilan gambar dilakukan di SD Negeri Wonosaren dimana SD tersebut merupakan salah satu sekolah yang lokasinya dekat dengan jalan raya utama di Surakarta.

Menurut Kepala Sekolah SD Wonosaren,  SM. Ningrum, S.Pd, menyambut baik ide gagasan tersebut sehingga memberikan ijin untuk salah satu kelas di sekolahnya turut dalam pengambilan gambar untuk program kerja kreativitas mahasiswa ini. 

Para siswa  SD berfoto bersama mahasiswa Unisri di depan Balai Kota Surakarta

Kondisi Pendidikan di Indonesia yang saat ini sedang bangkit sedikit demi sedikit dari dampak pandemic virus Corona 19, ditambah dengan learning loss yang dialami siswa-siswa selama pembelajaran daring membuat guru-guru harus bekerja semakin ekstra untuk memulihkan dan mengembalikan kondisi siswa seperti motivasi mereka dalam belajar, jelasnya.

Menurut Ema Butsi Prihastari. M.Pd, dosen pembimbing PKM menjelaskan bahwa Program yang diberikan oleh tim PKM-VGK UNISRI antara lain memberikan pandangan solutif bagi pembelajaran yang lebih ke depannya, Mengajak siswa untuk belajar tidak hanya di dalam kelas namun, juga di luar kelas melalui belajar membersamai bus.

Belajar tidak hanya menerima materi tapi, juga perlu dikonfirmasi kembali apakah yang selama ini sudah diberikan oleh guru, diterima dan dimaknai dengan baik oleh guru, imbuhnya.

Melalui travelling class, guru bisa mengkonfirmasi materi pada anak dengan cara tanya jawa sekaligus memberikan contoh-contoh yang kontekstual. //Lis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel