POPULER

 Pentas Wayang Bocah, sebagai Upaya Regenerasi Wayang Orang Sriwedari

Pentas Wayang Bocah, sebagai Upaya Regenerasi Wayang Orang Sriwedari

WARTAJOGLO, Solo - Suksesnya gelaran pertunjukan wayang bocah di Gedung Wayang Orang Sriwedari beberapa waktu lalu, menjadi indikator tingginya semangat dan kontribusi siswa SD dan SMP dalam melestarikan dan mengembangkan kesenian ini.

Sebanyak 200 siswa SD dan SMP dari perwakilan berbagai sanggar budaya di Surakarta, yang dibina Diwasa dan Didik, ikut ambil bagian dalam pentas wayang bocah tersebut.

Pentas ini sendiri difasilitasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta melalui program Mathing Fund Unisri 2022. 

Kegiatan seni tersebut juga bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta.

"Tujuan pentas gabungan siswa SD dan SMP ini untuk menunjukkan karya mereka dalam praktik wayang bocah yang sudah mereka tekuni selama ini," kata Dr Siti Supeni, ketua Matching Fund 2022 dari Unisri Surakarta, baru baru ini.

Sarasehan budaya dalam rangka pelestarian wayang orang Sriwedari

Dalam pentas wayang orang gabungan di gedung Wayang Orang Sriwedari, pihak Unisri juga memberi hadiah uang bagi lima sanggar yang dinilai terbaik dalam pementasan. Serta memberi dana pembinaan bagi sepuluh sanggar lainnya, yaitu :

1. Sanggar Sarwi Retno Budoyo

2. Sanggar Metta Budaya

3. Sanggar Soerya Soemirat

4. Sanggar Gedhong Kuning

5. Sanggar Bengkel Seni Adanu

6. Sanggar Sang Citra Budaya

7. Sanggar Wayang Gogon

8. Sanggar Sasono Kridho Mangkubumen

9. Yayasan Kembang Setaman

10. Sanggar Langit

Lebih lanjut Dr Siti Supeni mengatakan, latar belakang kegiatan pentas gabungan wayang bocah dan pembinaan tersebut adalah untuk regenerasi wayang orang Sriwedari.

Sehingga ke depannya akan ada tata kelola yang baik, memiliki media promosi digital yang mampu mempromosikan wayang orang dan memiliki manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang baik, serta pemberdayaan para siswa melalui sanggar-sangar seni budaya. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close