POPULER

Datangi Rumah Budaya Kratonan, Menparekraf Sandiaga Uno Dibuat Terkejut. Ada Apa..?

Datangi Rumah Budaya Kratonan, Menparekraf Sandiaga Uno Dibuat Terkejut. Ada Apa..?

WARTAJOGLO, Solo - Beragam kekayaan budaya yang ada di Kota Solo, menjadikan kota ini unik dan memiliki daya tarik tersendiri di sektor pariwisata.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke Rumah Budaya Kratonan (RBK) di Serengan, Kota Surakarta pada Sabtu 5 November 2022.

Sandiaga pun berharap kolaborasi dan sinergi bisa selalu terjadi di sektor budaya dan pariwisata, untuk membuat Kota Solo semakin maju.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi Sekar Krisnauli (kiri) dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming raka (dua dari kanan) saat berkunjung ke Rumah Budaya Kratonan

"Terus terang saya impress dan tidak menduga kalau di tempat ini (Rumah Budaya Kratonan) kita bisa menemukan ada perpaduan antara sejarah budaya dengan kekinian. Sehingga tempat-tempat seperti ini memang harus diperbanyak, untuk bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan," jelas Sandiaga Uno saat memberikan paparan dalam talk show yang digelar di RBK.

Sandiaga melihat bahwa lokomotif dalam perubahan dan kebangkitan pariwisata ke depan adalah para anak muda. 

Dan hal itu sudah ditunjukkan oleh Sekar Krisnauli yang mengembangkan Rumah Budaya Kratonan.

Bagi Sandiaga hal ini merupakan potensi luar biasa untuk kebangkitan ekonomi, terutama di Kota Solo. Apalagi kota ini dipimpin oleh wali kota yang masih sangat muda. Sehingga diharapkan bisa menciptakan berbagai inovasi di sektor wisata untuk membangkitkan perekonomian.

"Tahun depan kita menargetkan hingga 1,4 miliar kunjungan wisatawan nusantara. Karena itu harus ada banyak tempat-tempat wisata baru. Dan Solo juga harus bersiap-siap untuk menerima banyak kedatangan wisatawan. Termasuk Rumah Budaya Kratonan ini. Karena yang ada di sini memiliki potensi untuk bisa semakin dikembangkan," terang Sandiaga.

Dalam kunjungannya, Sandiaga Uno didampingi oleh Wali Kota Surakarta serta beberapa tokoh masyarakat serta para pengusaha muda di Kota Solo.

Sementara Sekar sebagai pimpinan RBK menjelaskan bahwa salah satu misi pendirian RBK adalah demi mengoptimalkan budaya untuk membangkitkan ekonomi di Kota Solo.

Hal itu disampaikan Sekar saat menjadi moderator dalam talk show bertema "Kiat Sukses Jadikan Budaya Sebagai Penggerak Ekonomi". Yang mana Sandiaga Uno sebagai pembicaranya.

"Salah satu misi kami di Rumah Budaya Kratonan ini adalah mengoptimalkan budaya untuk menunjang kebangkitan ekonomi di Kota Solo. Karena itu kami selalu meminta masukan dan arahan dari Mas wali kota (Gibran Rakabuming Raka), agar bisa membawa Rumah Budaya Kratonan sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Kota Solo," jelas Sekar. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close