POPULER

 Berburu Pahala, Begini Aktifitas Puluhan Lansia di Waduk Kedung Ombo Selama Puasa

Berburu Pahala, Begini Aktifitas Puluhan Lansia di Waduk Kedung Ombo Selama Puasa

WARTAJOGLO, Boyolali - Untuk mengisi bulan Ramadhan, para warga lanjut usia (lansia) pinggiran Waduk Kedung Ombo (WKO) mengikuti kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPQ) Masjid Jami' As Sholihin.

Tiap hari di bulan Ramadhan, puluhan warga lansia datang untuk mengaji di masjid yang berada di Dusun Kalitlawah, Desa Ngaren, Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah tersebut.

Takmir Masjid Jami' As Sholihin, Ahmad Saifudin, mengatakan, peserta ada sekitar 15 sampai 20 orang lansia. 

Kegiatan ini digelar setahun sekali di bulan Ramadhan. Tujuannya agar para lansia mempunyai bekal untuk akhirat.

Para lansia mengaji di Masjid Jami' As Sholihin

"Ini sudah berjalan dua kali Ramadhan. Alhamdulillah sampai saat ini antusias warga lansia bagus sekali. Banyak yang hadir mengikuti. Dari masyarakat juga mendukung," ujarnya.

Saifudin mengatakan, mengajar lansia mengaji perlu kesabaran yang tinggi. Sebab, lebih sulit dari pada mengajar mengaji usia anak-anak.

"Kalau lansia itu mereka lebih banyak lupanya. Jadi setiap pertemuan harus sering mengulang dan mengulang. Kalau anak-anak sekali bertemu diberi materi langsung bisa menangkap," kata dia.

Salah satu peserta, Sri Lestari (56), mengaku senang bisa belajar mengaji di Masjid Jami' Solihin. Dengan mengaji bisa membuat hati tenang. 

"Mengisi waktu luang di bulan puasa, pagi habis Subuh ada, terus ini tadi siang ada juga, jadi rasanya ayem di hati. Puasanya jadi gak terasa, tahu-tahu udah sore. Insya Allah sedikit-sedikit bisa mengaji," ujarnya. //Mul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close