POPULER

About

Berkunjung ke Solo Indonesia Culinary Festival 2023, SBY: Mari Kita Jaga Warisan Kuliner Bangsa

Berkunjung ke Solo Indonesia Culinary Festival 2023, SBY: Mari Kita Jaga Warisan Kuliner Bangsa

WARTAJOGLO, Solo - Sebuah kejutan terjadi pada gelaran hari ketiga Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) di Benteng Vastenburg, Sabtu 11 Maret 2023, malam.

Pasalnya di tengah kemeriahan acara yang digelar oleh Sinergy Event tersebut, hadir sosok yang pernah menjadi orang penting di negeri ini, yakni presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tentu saja kehadiran SBY dan sang putra Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menarik perhatian ribuan pengunjung festival, dan langsung merangsek untuk mengambil gambar ataupun meminta berfoto bersama.

Kehadiran rombongan SBY sendiri disebut tidak direncanakan. Kebetulan mereka sedang berkunjung ke Kota Solo serta usai menyaksikan pertandingan Proliga. 

Para pengunjung SICF rela antri untuk berfoto bersama dengan SBY

Karena itulah panitia juga tidak menyiapkan sambutan dan seremoni khusus untuk menyambut kedatangannya.

"Tidak ada rencana untuk mendatangkan beliau. Saya hanya sempat dikabari kalau beliau mau datang kemarin malam. Lalu saya katakan monggo saja. Tapi kami tidak menyiapkan sambutan khusus. Karena memang tidak masuk schedule. Dan ternyata beliau benar-benar datang," ujar Daryono, ketua panitia SICF saat ditemui di lokasi acara.

Bagi Daryono, kedatangan SBY tentunya juga membuat acara yang digelarnya terasa semakin meriah.

"Kebetulan ini malam minggu, jadi pengunjung juga padat. Jadi begitu ada pak SBY, otomatis pengunjung langsung merapat ke arah panggung hiburan untuk mengambil gambar dan joget bersama," lanjutnya.

Ya, SBY sendiri tidak memiliki agenda khusus saat datang ke SICF. Karena itu dia hanya sekedar bersantai sambil menyanyi di atas panggung. 

Lagu berjudul Selalu Cinta milik grup band Kotak menjadi lagu pembuka yang dibawakan oleh SBY, dan disambut meriah oleh para pengunjung yang ikut menirukan liriknya.

"Saya datang ke Solo ini berharap bisa ikut mensukseskan gelaran Festival Kuliner Indonesia (SICF)," ujar SBY saat tampil di atas panggung.

Pria yang pernah menjadi orang nomor satu di Indonesia selama dua periode itu pun menyampaikan pandangannya soal tradisi kuliner di tanah air.

"Masakan Indonesia itu enak dan tidak hanya disukai bangsa sendiri tapi juga masyarakat dari luar negeri. Karena itulah mari kita jaga warisan kuliner bangsa kita, agar selalu menjadi kebanggaan kita semua," tandasnya.

"Semoga gelaran Festival Kuliner Indonesia (SICF) ini selalu sukses," pungkasnya. 

Tak hanya SBY yang tampil menyanyi di atas panggung. Sebelumnya AHY dan sang istri Anisa Pohan juga ikut menyanyi dan berjoget bersama dengan para pengunjung.

Tiga buah lagu dibawakan pria yang pernah maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta itu, yakni Pergi Pagi Pulang Pagi dari Armada, lalu Bojo Loro dari Didi Kempot serta Ojo Dibandingke dari Abah Lala. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close