POPULER

Situs Periode Akhir Dinasti Xia Ditemukan Tim Arkeolog China

Situs Periode Akhir Dinasti Xia Ditemukan Tim Arkeolog China

WARTAJOGLO - Sebuah situs peninggalan yang berasal dari periode akhir Dinasti Xia (2070-1600 SM) di Provinsi Shanxi, China utara, berhasil ditemukan tim arkeolog dari Institut Arkeologi Provinsi Shanxi.

Cui Junjun selaku pemimpin proyek arkeologi itu menyampaikan bahwa benda-benda peninggalan yang ditemukan meliputi tembikar, peralatan dari batu dan tulang, benda giok, serta kerang.

Selain produk-produk artifisial, ditemukan banyak sisa hewan dan tumbuhan. Sebanyak 250.000 benih tanaman terkarbonisasi, yang sebagian besar adalah benih jawawut yang juga ditemukan melalui metode flotasi.

Benda temuan tim arkeolog di situs periode akhir Dinasti Xia

Situs tersebut berlokasi di sepanjang hilir Sungai Fenhe, wilayah Jishan, Kota Yuncheng, yang mencakup area seluas sekitar 100.000 hingga 150.000 meter persegi.

Otoritas setempat telah melakukan ekskavasi di situs tersebut pada 2021 dan 2022.

Dari April hingga Agustus 2021, tim arkeolog menemukan dua tempat pembakaran tembikar dan 43 lubang. 

Dua tempat pembakaran tembikar itu terdiri dari ruang tanur, alas tanur, ruang perapian, dan ruang operasi.

Sementara itu, dari Oktober hingga November 2022, staf yang bekerja di situs itu menemukan sebuah lubang besar dan tempat pembakaran di sebelah barat. 

Lubang itu memiliki panjang sekitar 23,5 meter dari timur ke barat, dengan lebar sekitar 7 meter dari utara ke selatan, dan setinggi 2-4 meter. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close