POPULER

Survei SMRC Tempatkan Henry Indraguna di Posisi 6 dari 15 Calon, yang akan Terpilih sebagai Anggota DPR RI

Survei SMRC Tempatkan Henry Indraguna di Posisi 6 dari 15 Calon, yang akan Terpilih sebagai Anggota DPR RI

WARTAJOGLO, Solo - Ketatnya perebutan kursi dewan dari Dapil V Jawa Tengah yang meliputi Surakarta, Sukoharjo, Klaten dan Boyolali menarik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) untuk melakukan survei.

ki daftar pemilih tetap sebanyak 3 juta dan memperebutkan jumlah kursi sebanyak 8.

SMRC melakukan survei dengan tujuan untuk mengetahui sikap dan pilihan pemilih terhadap partai politik serta bagaimana peluang para calon legislatif dalam pemilihan umum.

 

Hasik Murdnedo

Dengan survei tersebut maka bisa diketahui faktor-faktor penting apa yang berkaitan dengan pilihan-pilihan masyarakat dan memberikan saran apa yang harus dilakukan untuk memperbesar elektabilitas.

Adapun yang menjadi responden dalam survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di daerah pemilihan Jateng V yang mempunyai hak pilih dalam pemilihan umum.

Dengan metodologi multistage random sampling, maka ditentukan sebanyak 410 responden dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar kurang lebih 5% pada tingkat kepercayaan 90% .

Sampel berasal dari seluruh kecamatan di daerah pemilihan Jateng V yang terdistribusi secara proporsional.

Selanjutnya responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor, dengan kembali mendatangi responden terpilih.

Dan dalam quality control ini tidak ditemukan kesalahan berarti.

Dalam survei tersebut salah satu tema yang ditanyakan adalah terkait sosok yang akan terpilih bila saat ini dilakukan pemilu.

Responden disodori 15 nama caleg serta ditambah sosok Henry Indraguna dari Partai Golkar.

Yang menarik, ternyata Henry mampu menduduki posisi yang tidak mengecewakan.

Seandainya pemilihan langsung anggota DPR RI dilaksanakan pada saat ini nama Henry Indraguna pun mendapatkan angka 2,4% atau duduk di posisi ke-6 dari 15 nama calon. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close