POPULER

Deklarasi Nasional Perhimpunan UKM Indonesia, Diah Warih: Pelaku UMKM Harus Naik Kelas

Deklarasi Nasional Perhimpunan UKM Indonesia, Diah Warih: Pelaku UMKM Harus Naik Kelas

WARTAJOGLO, Solo - Pemberdayaan sektor UMKM menjadi salah satu upaya untuk penguatan perekonomian bangsa. Namun sayangnya sektor yang satu ini kerap termarjinalisasi, sehingga kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina Perhimpunan UKM Indonesia (PUI), Diah Warih Anjari usai pendeklarasian organisasi massa tersebut di sebuah kafe, di Kota Solo pada Minggu 7 Mei 2023.

"Sektor UMKM adalah pahlawan dalam kebangkitan ekonomi bangsa. Namun seringkali mereka menjadi salah satu kaum marjinal yang kurang mendapat perhatian terutama dari pemerintah. Karena itulah melalui organisasi ini, kita akan berjuang bersama meningkatkan kelas mereka sehingga bisa semakin mendapat perhatian dari pemerintah," jelas Diwa sapaan akrab Diah Warih Anjari.

Diah Warih Anjari (baju putih) bersama Syafrudin Budiman dan para tokoh di Kota Solo, mendeklarasikan Perhimpunan UKM Indonesia

Deklarasi Perhimpunan UKM Indonesia memang diharapkan menjadi jembatan untuk bisa memberdayakan para pelaku UMKM sehingga bisa menguatkan perekonomian bangsa secara nasional.

Syafrudin Budiman sebagai ketua umum dari organisasi massa ini menjelaskan bahwa PUI ini hadir sebagai wadah Perjuangan bagi para pelaku UMKM di Indonesia.

“Program kerjanya tentu adalah pemberdayaan ekonomi baik itu melalui inkubasi bisnis, penguatan jaringan bisnis, advokasi, pendampingan dan sharing bisnis antar anggota,” jelas Syafrudin Budiman usai pendeklarasian PUI.

PUI sendiri merupakan metamorfosis dari Partai UKM Indonesia yang tidak lolos dalam perhelatan Pemilu 2024.

Dan karena semangatnya untuk berjuang memberdayakan UMKM tetap menggelora, maka para komponen dari partai ini memutuskan untuk menggagas berdirinya PUI.

Diwa sendiri terlibat dan menjadi ketua dewan pembina dalam organisasi ini karena merupakan salah satu pejuang UMKM senior di Kota Solo.

Latar belakang keluarga sebagai seorang pedagang, tentu membuat Diwa sapaan akrab Diah Warih sangat memahami dunia UKM.

Karena itulah wanita yang pernah menjadi ketua relawan pendukung Presiden Joko Widodo itu memutuskan untuk ikut bergabung dalam PUI.

Diwa juga menambahkan bahwa usai deklarasi di Kota Solo, berikutnya akan dilakukan pendeklarasian di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Puncak acara deklarasi yang diikuti oleh berbagai kalangan itu, ditutup dengan bakti sosial berbagi beras untuk para pelaku UMKM.//Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close