POPULER

Jalin Kerja Sama dengan PLN, Ini Berbagai Keuntungan yang Didapat oleh APERSI

Jalin Kerja Sama dengan PLN, Ini Berbagai Keuntungan yang Didapat oleh APERSI

WARTAJOGLO, Solo - Sebuah kesepakatan luar biasa terjadi antara PT PLN melalui UID Jateng - DIY dan Icon Plus, dengan Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Indosesa (DPD APERSI) Jateng-DI Yogyakarta, terkait pelayanan kelistrikan untuk perumahan.

Dengan kesepakatan ini, maka pihak pengembang tidak perlu lagi mengeluarkan dana lebih untuk biaya pengadaan infrastruktur jaringan. Sehingga bisa menghemat dana untuk pengadaan listrik hingga 50 persen.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ketua DPD APERSI Korwil Solo Raya, Sam'ari saat ditemui pada Rabu 31 Mei 2023.

Ketua DPD APERSI Korwil Solo Raya, Sam'ari saat menjelaskan jalinan kerja sama pihaknya dengan PLN kepada awak media

"Dari kesepakatan yang terjalin ini, maka pengembang bisa mneghemat anggaran untuk pengadaan jaringan listrik hingga 50 persen. Sehingga hal ini diharapkan bisa lebih meningkatkan produktifitas, baik dalam proses pembangunan maupun penjualan," jelasnya.

Jalinan kerja sama ini juga memberikan keuntungan terkait kepastian ketersediaan jaringan serta pemasangan meteran. 

Sebab hal itu akan berpengaruh pada proses akad kredit di perbankan, yang mensyaratkan adanya jaringan listrik dan air di rumah yang hendak dikredit.

"Sebelum akad kredit, pihak bank akan selalu minta listrik dan air di rumah yang dikredit, sudah benar-benar terpasang. Nah dengan kerja sama dengan PLN ini, maka kepastian pemasangan jaringan listrik bisa lebih terjamin. Sehingga akan memudahkan proses akad kredit di bank," lanjutnya.

Sementara untuk kompensasi dari perjanjian tersebut, menurut Samari, PLN meminta agar pihak pengembang ikut memasarkan produk internet milik PLN, yakni Iconnet.

Yang selanjutnya, ada beberapa pengembang yang menyertakan paket internet ini sebagai bagian dari bonus dalam pembelian rumah. 

Suasana halal bi halal dan sosialisasi terkait kerja sama PLN dengan APERSI

Perjanjian kerja sama antara PLN dengan APERSI sendiri dilakukan pada 3 Mei 2023 yang lalu bertempat di Ruang Rapat Lt 3 PT PLN UID Jateng DIY.

Sebagai tindak lanjut dan MOU tersebut lantas dilakukan Road Show Sosialisasi MOU ke beberapa daerah kerja DPD APERSI Jateng-DIY.

Road Show pertama dilaksanakan di Hotel Patra Jasa, Semarang pada Senin 15 Mei 2023.

Selanjutnya untuk road show yang kedua dilakukan bersamaan dengan acara halal bi halal serta peresmian kantor baru APERSI Korwil Solo raya pada Selasa 23 Mei 2023.

Saat itu pihak PLN UID Jateng diwakili SRM Niaga dan Manajemen Pelanggan Ari Prasetyo Nugroho, yang menyampaikan mekanisme baru layanan kelistrikan kepada para pengembang.

"Pada intinya tidak ada lagi sharing investasi dari pengembang kepada PLN. PLN dan Pengembang adalah dua raja dengan egonya masing-masing yang menyebabkan komunikasi tidak terbuka lancar. Maka kerja sama ini diharapkan dapat membuka kran kebuntuan komunikasi itu," ujarnya

Dengan kerja sama yang dijalin, PLN, Icon Plus dan DPD APERSI Jateng-DIY berharap MOU ini bisa menghadirkan sinergitas layanan, dan dapat memberikan manfaat mutualitas yang berimbas positif terhadap pengguna layanan listrik rumah tangga dan jaringan internet. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close