POPULER

Menanti Dampak Sosial dari Peserta Hetero for Startup Season 3

Menanti Dampak Sosial dari Peserta Hetero for Startup Season 3

WARTAJOGLO, Solo - Digelar di Hetero Space Kota Solo, ajang Hetero for Startup (HFS) telah memasuki season 3.

Pada season 3 ini para peserta diharapkan bisa memberikan dampak sosial (social impact) yang lebih besar dibanding season-season sebelumnya.

Gagasan HFS sendiri berawal dari arahan Gubernur Jawa Tengah guna mendukung lahirnya startup dari Provinsi Jawa Tengah (secara khusus) dan Indonesia (secara umum).

HFS merupakan sebuah wadah untuk membantu para entrepreneur dalam melakukan akselerasi bisnis. 

Visi tersebut sejalan dengan misi dari Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) dalam memberdayakan entrepreneurs lokal untuk tumbuh dan memberikan manfaat bagi sekitarnya. 

Hetero Space bersama Impala Network merupakan sebagian organ penggerak agar tujuan tersebut terlaksana. 

Dalam pelaksanaannya, HFS membuka kesempatan bagi bisnis yang sudah berjalan untuk membantu mereka dalam proses menemukan product-market-fit, dengan menitikberatkan pembangunan kekuatan lokal dari daerah masing-masing. 

Ada beberapa poin pembaharuan pada HFS tahun ketiga ini , yaitu mulai meninggalkan format kompetisi bisnis menjadi sebuah gerakan pemberdayaan kewirausahaan. 

Para mentor di Hetero for Startup Season 3

Para peserta pun nantinya akan mendapatkan kesempatan lebih banyak, untuk berbagi cerita kepada publik sebagai bentuk inspirasi yang diberikan HFS kepada masyarakat Indonesia. 

Kolaborator menjadi kunci dari program HFS, dalam rangka memperkaya konten dan manfaat yang diberikan. 

Sedangkan kolaborator terdiri dari beragam pihak antara lain universitas, pemerintah daerah, korporasi, asosiasi hingga mentor. 

Selain itu, dalam program ini ada local partner yang ditunjuk di masing-masing kota. Yang mana untuk membina dan memberi ruang pelaku bisnis lokal, sehingga dapat menjadi local heroes di wilayahnya, dan diberikan pendampingan oleh pendamping lokal yang dibantu oleh main partner. 

Manfaat yang akan didapatkan oleh peserta HFS Season 3 meliputi community dan network, mentorship, investment opportunity & rewards serta sustainable local partner. 

Kategori bisnis yang diperbolehkan mendaftar antara lain F&B, Agriculture, Tech, creative, fashion & craft, wellness dan renewable energy. 

Walaupun terdapat pembaharuan konsep, Hetero for Startup tetap konsistem dengan nilai “Siap Jadi Solusi”, dengan menitikberatkan pada dampak yang diberikan bagi sekitar. 

Bentuk investasi pasca kegiatan yang diberikan HFS kepada peserta adalah rewards untuk beberapa kategori peserta. 

Lalu dihubungkan dengan pihak investor, baik pemerintah maupun swasta serta jejaring komunitas lokal di wilayah masing-masing dan relasi sesama peserta juga alumni Hetero for Startup.

Dan kini HFS season 3 sudah melangkah sampai tahap mentoring offline. 

Peserta mentoring adalah peserta yang terpilih dari beberapa tahap kurasi. Mulai dari kurasi 2000++ pendaftar yang tersebar dari seluruh Indonesia, lalu dipilih 700 bisnis untuk bisa mengakses LMS (Learning Machine System). 

Di dalam LMS terdapat materi pengembangan bisnis dan tugas yang harus dipenuhi oleh para peserta. 

Dari LMS tersebut, peserta dikurasi kembali menjadi 35 untuk lanjut ke tahap make over bersama dengan para asesor dan mentor secara online, sampai akhirnya mentoring offline. 

Mentoring offline dilaksanakan selama 4 hari di Surakarta. 

Para peserta melakukan check in kepada para mentor dengan tujuan untuk melakukan tindak lanjut dari hasil audit. 

Tindak lanjutnya yaitu dengan memberikan materi dan challenge yang berbeda-beda, sesuai kebutuhan dari masing-masing bisnis peserta. 

Daftar 35 peserta beserta dengan sektor bisnisnya sebagai berikut :

Agriculture: Tarunira, Oke Garden, Teman Pasar, Nom Nom Herbs dan Spices, KOR, Today Tech dan Minaverse. 

Wellness: Fisiohome dan Okami.

Creative: IOTA Kreatif Media / IOTA Kids, Jeggboy & girl, Nyalanesia, Arsibro, Omahcetak Indonesia.

Fashion, Craft: Ms Artsy, Ungatawwa Handmade, KawaMala, Hamka Indonesia, Ecoplast ID dan Kasihinbaju.id.

Food and Beverages: Sanfood Brilian, Moringa Good, Jiwanta, Bina Rasa Bakery, Dapur cimorama, Lombok Kuning, Simpati dan lapak Cindo.

Renewable Energy: Gelatah.

Technology: Link Productive, UMEDS, betukang.id, Inorder, BidFish.id dan Nikahyuk

Imam Subchan sebagai salah satu asesor HFS menyampaikan bahwa season 3 ini memiliki hal yang menarik, yaitu bagaimana startup-startup yang menjadi peserta bisa memberikan sosial impact yang lebih besar lagi, dibandingkan dengan season sebelumnya.  

“Jika dulu startup bicara tentang revenue, sustainability, sekarang kita juga mulai berbicara mengenai impact yang bisa dihadirkan dengan adanya startup-startup unggulan. Saya berharap Hetero for Startup Season 3 ini akan jadi langkah awal teman-teman peserta untuk memberikan dampak ke depannya,” terangnya.

Local business yang menjadi representasi sektor bisnis HFS Season 3 di antaranya : 

Danar Hadi untuk sektor fashion, craft dan creative

Cold n Brew untuk sektor food and beverages

Susu Murni Nasional untuk sektor agriculture dan wellness

Solo Technopark untuk sektor technology

“Saya rasa semua bisa mendapat pelajaran bukan hanya peserta, saya juga. Jadi ini seperti study tour yang bisa langsung ketemu dengan para pelaku bisnis, apalagi sekelas Danar Hadi. Pelajarannya luar biasa dan saya rasa semuanya bisa mendapatkan manfaatnya. Mudah mudahan Hetero for Startup akan ada lagi di season-season berikutnya,” ujar Pandu Rosadi yang juga CEO of Ria Miranda selaku mentor dari sektor fashion, craft dan creative

Setelah tahap Mentoring, 35 peserta akan melanjutkan tahapan akhir yaitu Demo Day yang terdiri dari Pitching, Comparative Visit, Goverment Meets dan Networking Session pada hari senin (29/05/2023) dan selasa (30/05/2023). 

“Semangat untuk sampai ke (tahap selanjutnya) Demo Day, semoga banyak pintu terbuka setelah dari Hetero for Startup Season 3 ini,” ucap Asri Saraswati (CMO of Agradaya.id) selaku mentor dari sektor agriculture and wellness. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close