POPULER

 Inisiator Forum Negarawan Soroti Manuver Politik Putra-putra Presiden Jokowi

Inisiator Forum Negarawan Soroti Manuver Politik Putra-putra Presiden Jokowi

WARTAJOGLO, Jakarta - Keterlibatan para putrta Presiden RI Joko Widodo di dunia politik, mendapat sorotan tajam dari inisiator Forum Negarawan, Eko Sriyanto Galgendu.

Menurut pria asal Solo ini, Presiden Joko Widodo dianggap tidak patut untuk mendorong anak-anaknya mencalonkan diri sebagai kepala daerah.

Karenanya dia menyarankan agar Gibran Rakabuming Raka fokus saja dengan tugasnya sebagai Wali Kota Solo, tanpa harus ikut sibuk mempersiapkan Kaesang Pangarap maju dalam pilkada.

Eko sendiri menyampaikan hal ini saat menjadi salah satu pembicara dalam acara diskusi Forum Negarawan, yang membahas kriteria kepemimpinan nasional di Museum Satriamandala, Jakarta, pada Minggu 11 Juni 2023.

Eko Sriyanto Galgendu

Eko mengatakan, dirinya khawatir terhadap Jokowi di akhir-akhir jabatannya. Di mana, Jokowi terlihat terbelenggu untuk meninggalkan suatu warisan atau legacy.

"Yaitu Ibukota Negara. Kedua, beliau terbelenggu juga karena ingin menempatkan anak-anaknya untuk menduduki posisi politik di Indonesia ini," ujar Eko kepada wartawan di depan Ruang Balairung Pahlawan, Museum Satriamandala, Minggu sore (11/6).

Sebagai orang Jawa, bahkan sebagai seorang pemimpin jekas Eko, terdapat etika ketika anak-anak seorang presiden turut terlibat politik.

"Mungkin sebagian orang juga tahu, bahwa kalau dia masih menjabat presiden kemudian anaknya mencalonkan diri menjadi walikota, sekarang mau jadi gubernur, atau mantunya, bahkan Kaesang itu juga mau jadi bupati, saya rasa kok menurut saya secara pribadi, tidak patut," kata Eko.

Eko yang mengaku pernah dekat dengan Presiden Jokowi menilai, Gibran dan Kaesang belum pernah tidur di tikar. Artinya, kedua anaknya Jokowi itu belum pernah mengalami keadaan hidup susah.

Menurut Eko, untuk menjadi seorang pemimpin, syaratnya bukan hanya memiliki pemikiran yang luas, tapi harus memiliki jiwa yang besar, kesabaran , dan merangkul semua pihak.

"Saya melihat, kok saya merasa kurang pantas ya kalau sekiranya Pak Jokowi memajukan hampir semua istilahnya putranya dan menantunya untuk maju terus ke politik, dan sekarang mungkin pingin menjadi gubernur," jelas Eko.

Untuk itu, Eko meminta agar Gibran tetap fokus menjadi Walikota Solo, menantu Jokowi, Bobby Nasution tetap fokus menjalani Walikota Medan.

"Kaesang jangan dulu ke politik. Saya tahu kok mereka juga dulu tidak begitu suka politik," pungkas Eko. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close