TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Sejak Dini Melalui Kegiatan Market Day

WARTAJOGLO, Sukoharjo - Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini, RA At Taqwa yang berada di Perumahan Sapen Raya, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo menggelar market day, yang diikuti para siswa di sekolah tersebut.

Market day sendiri secara bahasa dapat diartikan sebagai kegiatan untuk memasarkan atau menjajakan barang dagangan di hari tertentu yang telah ditentukan oleh sekolah, dan pelaksanaannya juga berada di sekitar sekolah. 

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menumbuhkan semangat berjuang, menumbuhkan kesabaran, keberanian dan ketelitian," jelas Henny Sulistiawati selaku kepala sekolah. 

Para siswa RA At Taqwa sedang melakukan transaksi di acara market day

Kegiatan market day yang melibatkan siswa, guru, orang tua maupun masyarakat sekitar ini merupakan kegiatan rutin di setiap akhir semester. 

Dan kali ini merupakan kegiatan market day yang ketiga, semenjak sekolah ini resmi mendapatkan perizinan dari kementerian agama di tahun 2021.

"Tak hanya menumbuhkan jiwa kewirausahaan, kegiatan market day ini juga bisa mempererat silaturahmi antara anak,orang tua wali, maupun sekolah," imbuh Henny.

Kegiatan market day diadakan di kompleks  masjid AT-Taqwa Sapen dan dilakukan selama 2 hari, mulai Senin-Selasa,12-13 Juni 2023. 

Sebanyak 35 anak di bawah bimbingan 5 orang guru, secara bergantian diatur oleh sekolah untuk menjadi penjual maupun pembeli. 

Barang dagangan yang diperjualbelikan di antaranya adalah puding, jajanan pasar, es buah, donat, susu, popcorn, serta nasi ayam kremes.

Tak cuma makanan, para siswa ini juga menjajakan berbagai permainan anak-anak seperti lembar mewarnai, gantungan kunci, jepit rambut, pensil dan sebagainya. 

Untuk memudahkan transaksi semua barang dibanderol dengan harga Rp.2.000.

Anak-anak yang hendak berbelanja terlebih dahulu harus menukarkan uangnya dengan voucher yang disediakan oleh sekolah. Satu voucher bernilai Rp.2.000 yang bisa ditukar dengan satu jajanan. 

Selain anak sekolah dan orang tua wali, warga sekitar sekolah pun diperkenankan berbelanja di acara ini

Pihak sekolah juga menyediakan tempat beristirahat yang dilengkapi dengan  buku-buku cerita untuk dibaca sambil menikmati aneka jajanan yang dibeli.

"Kegiatan ini sangat bagus dan sudah ditunggu oleh anak-anak. Pelaksanaan juga berjalan lancar tertib serta suasananya nyaman," ujar Putri, salah satu wali murid yang ikut hadir dalam kegiatan market day.

Anak-anak, maupun warga tampak sangat antusias dalam berbelanja, hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit jajanan habis terjual di hari pertama.

Pelaksanaan market day hari kedua terasa lebih meriah ketika 50 anak dari SD Triyagan 1 didampingi 8 guru ikut berbelanja di market day RA AT-Taqwa Sapen. 

Menurut Kepala Sekolah Triyagan 1, Hety Puji Kurniastuti, S.Pd kegiatan Market Day di RA AT-Taqwa ini sangat meriah dan sangat mendidik, di mana anak- anak setingkat anak TK sudah diajarkan transaksi menggunakan voucher sesuai jaman sekarang, yang mana pembayaran tidak harus dengan uang tunai. 

"Ini kegiatan yang sangat mendidik terutama dalam mengajarkan anak-anak mengenal transaksi non tunai. Yang tentunya selain lebih praktis juga meminimalisir kesalahan dalam pembayaran. Mengenai barang yang dijual, sebagian besar makanan adalah olahan sendiri, tanpa pengawet dan dikemas sangat menarik," tandas Hety. //Bang

Type above and press Enter to search.