TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Rayakan Idul Adha, Wong Solo Group Sembelih Ratusan Hewan Kurban

WARTAJOGLO, Solo - Momen Idul Adha dirayakan Wong Solo Group dengan mengadakan berbagai acara, yang utama tentunya menyembelih hewan kurban.

Untuk tahun ini, sedikitnya 32 sapi dan 350 ekor kambing disembelih di ratusan gerai Wong Solo Group yang ada di seluruh Indonesia, termasuk di Masjid Al Hijrah, yang berada di Kampung Karangasem, Kota Solo.

Di masjid yang merupakan bekas rumah tinggal owner Wong Solo Group, H. Puspo Wardoyo ini, seekor sapi seberat hampir 1 ton disembelih sebagai rangkaian perayaan hari raya kurban.

H. Puspo Wardoyo (kanan, pakai peci putih) saat akan melakukan penyembelihan hewan kurban di Masjid Al Hijrah

Yang menarik, penyembelihan sapi dilakukan langsung oleh Puspo Wardoyo, yang dikenal sebagai pengusaha kuliner ini.

"Dari kecil saya terbiasa menyembelih ayam, jadi tidak ada masalah saat harus menyembelih sapi," ujarnya saat ditemui usai prosesi penyembelihan pada Jumat 30 Juni 2023.

Prosesi penyembelihan sendiri berjalan lancar. 

Belasan warga yang ikut membantu dengan mudah mengendalikan sapi yang akan disembelih. Sehingga dengan sebilah parang yang telah disiapkan, Puspo Wardoyo dengan tanpa kesulitan melakukan penyembelihan.

"Pengorbanan ini adalah bagian dari upaya kita menauladani Nabi Ibrahim, yang begitu taat dan ikhlas dalam menjalankan perintah Allah. Sehingga bukan darah atau daging kurbannya yang dinilai. Tapi lebih pada ketaatan dan keikhlasan kita untuk berkurban," jelas Puspo.

Puspo juga menjelaskan bahwa penyembelihan kurban juga bagian dari upaya untuk memakmurkan warga di sekitar masjid. Sebab daging dari hewan kurban itu kemudian dibagi-bagikan serta sisanya untuk makan bersama seluruh warga.

"Kita tidak hanya dituntut untuk memakmurkan masjid. Tapi keberadaan masjid tentunya juga harus bisa memakmurkan warga di sekitarnya. Salah satu contohnya adalah dengan penyembelihan hewan kurban ini. Nanti dagingnya selain dibagi-bagikan, juga untuk makan bersama seluruh warga. Jadi warga bisa merasakan kebahagiaan bersama-sama," pungkasnya. //Bang

Type above and press Enter to search.