TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Simpan Sejarah Presiden Jokowi, BBWSBS Diharap Segera Revitalisasi Kalianyar

WARTAJOGLO, Solo - Pengembangan kawasan bantaran Kalipepe menjadi Taman Bendung Tirtonadi oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS), diharapkan bisa berlanjut hingga ke wilayah Cinderejo Lor yang berada di timur Jembatan Gilingan. 

Sebab pemandangan di kawasan ini sangat kontras dengan yang ada di Bendung Tirtonadi. Padahal letaknya cuma dibatasi jembatan. 

Tak hanya itu, kawasan ini juga memiliki nilai sejarah tersendiri, karena pernah menjadi tempat tinggal ayah presiden Joko Widodo. 

Kawasan Kedung Bunder yang menyimpan sejarah masa kecil Presiden Joko Widodo

"Pak Wijiatno (ayah Presiden Joko Widodo) dulu kan rumahnya di tempat yang sekarang jadi Pasar Gilingan. Jadi saat beliau masih kecil sering datang ke sini," ujar Daryanto, Ketua RT 01 RW 05 Cinderejo Lor saat ditemui di tepian Kalianyar. 

Daryanto juga menjelaskan bahwa masa kecil Jokowi sering dihabiskan di kawasan Kedung Bunder. 

Kedung sendiri adalah bagian dari sungai yang membentuk cekungan dalam. 

Demikian pula dengan Kedung Bunder yang berada di tengah Kalianyar, dan membentuk seperti sebuah lingkaran lebar, sehingga diberi nama Bunder (lingkaran).

"Dulu saat masih kecil Pak Jokowi sukanya mandi dan mancing di Kedung Bunder itu," kenang Daryanto. 

Tak cuma Kedung Bunder, di kampung itu juga terdapat masjid yang diresmikan oleh Jokowi saat masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

Masjid yang berdiri di bantaran Kalianyar itu diberi nama Masjid Kalimasada.

"Kalau masjid itu diresmikan Pak Jokowi saat masih jadi wali kota. Tepatnya pada 2016. Maka dari itu, hendaknya kawasan ini juga perlu mendapat perhatian dari pemerintah," tandas Daryanto. //Bang

Type above and press Enter to search.