TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Dorong Pengembangan Diri Mahasiswa, Unisri Gelar Lokakarya Penyusunan Panduan MBKM BPK Studi Independen

WARTAJOGLO, Solo - Sebagai bagian dari kebijakan dan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Risat dan Teknologi (Kemdikbudristek), namun belum banyak mahasiswa yang mengikuti program studi Independen (bersertifikat).

Studi independen (bersertifikat) sendiri merupakan bagian dari program Kampus Merdeka yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa, untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Nah, Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta tengah menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) berupa Lokakarya Penyusunan Panduan MBKM BPK Studi Independen. 


Lokakarya terkait penyusunan panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Badan Pengembangan Kurikulum (MBKM BPK) Studi Independen ini, digelar pada Selasa 8 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan satu dari tiga rangkaian kegiatan FGD yang digelar Unisri.

Kegiatan yang pertama digelar pada Senin 7 Agustus 2023 yakni Lokakarya Penyusunan Panduan MBKM BPK Riset. 

Sedangkan satu kegiatan lainnya yakni Lokakarya Penyusunan Panduan MBKM BPK Bela Negara, digelar pada Rabu 9 Agustus 2023.

Ketua panitia Lokakarya Penyusunan Panduan MBKM BPK Studi Independen Alfonsa Maria Sofia Hapsari mengatakan, saat ini ada dua mahasiswa dari ribuan mahasiswa Unisri yang melakukan BPK studi independen, dengan anggaran hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Institusional Support System (ISS). 

"Kita berharap, dengan adanya panduan MBKM BPK Studi Independen, nantinya akan banyak mahasiswa Unisri yang melakukan studi independen," kata Alfonsa dalam laporannya.

Dikatakan, ada banyak hal yang dilakukan mahasiswa dalam melaksanakan Studi Independen, yakni:

1. Mempelajari kompetensi yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan.

2. Berinteraksi dengan para pakar untuk memahami penerapannya.

3. Mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil.

Selain itu, ada banyak hal yang didapat mahasiswa yang melakukan studi independen. Seperti, pembelajaran yang relevan, ilmu praktis dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri.

Kemudian, bisa mengubah aspirasi jadi aksi. Kesempatan untuk masuk ke dalam jalur karir yang diinginkan, kreativitas tanpa batas, pengalaman mengimplementasikan ilmu, sesuai standar industri, dan berjejaring dengan pihak yang relevan.

"Karena banyak manfaat yang didapat, kita mendorong mahasiswa untuk melakukan studi independen," kata Alfonsa. //Bang

Type above and press Enter to search.