POPULER

Edukasi Branding Produk, Mahasiswa KKN 92 FKIP UNS Ajak Pelaku UMKM di Desa Dibal Boyolali, Manfaatkan Media Sosial

Edukasi Branding Produk, Mahasiswa KKN 92 FKIP UNS Ajak Pelaku UMKM di Desa Dibal Boyolali, Manfaatkan Media Sosial

WARTAJOGLO, Boyolali - Dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, dunia bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) semakin menunjukkan kreativitas dan adaptasi.

Bentuknya adalah dengan menggabungkan desain packaging yang kreatif dan kekuatan media sosial, guna membangun citra brand yang kuat dan menarik.

Terkait hal itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) FKIP UNS Kelompok 92 merangkul pelaku UMKM di berbagai sektor, untuk membuktikan bahwa dengan penggunaan packaging dan media sosial, dapat meningkatkan visibilitas produk mereka.

Salah seorang mahasiswa KKN 92 FKIP UNS sedang memberikan penjelasan terkait branding produk kepada warga

Tak hanya itu, metode ini juga bisa mengokohkan posisi di pasar yang semakin kompetitif.

Karenanya, di hadapan para pelaku UMKM di Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, mahasiswa KKN 92 ini memberikan sosialisasi edukasi terkait branding UMKM, pada Minggu 20 Agustus 2023.

Program kerja ini merangkul tiga pelaku UMKM khas Desa Dibal yaitu pelaku produksi keripik emping melinjo, telur asin dan es dawet Dibal. 

Rangkaian program kerja ini dimulai dengan observasi untuk melihat hal yang menjadi masalah bagi pelaku UMKM, yang mana hasilnya terdapat beberapa bagian penting yang menjadi fokus pada program kerja. 

Setelah menemukan permasalahan yang menjadi fokus pada program kerja, para mahasiswa menentukan packaging yang cocok bagi produk.

Hal ini dimaksudkan agar menjaga kualitas produk, promosi produk, keamanan, informasi produk dan lain-lain. 

Untuk membuat produk agar lebih menarik dilihat konsumen, para mahasiswa ini melakukan fotografi terhadap packaging yang telah ditentukan.

Mahasiswa KKN 92 FKIP UNS menunjukkan salah satu produk UMKM milik warga

Dari hasil penentuan packaging dan fotografi tersebut, para mahasiswa ini melakukan pembuatan media sosial sebagai sarana pemasaran produk. 

Setelah melakukan berbagai persiapan tersebut, mereka lantas melaksanakan sosialisasi packaging dan pemasaran media sosial kepada pelaku UMKM yang didampingi.

Tidak hanya pengenalan packaging dan media sosial kepada pelaku UMKM, program kerja ini juga melaksanakan expo atau pameran kepada masyarakat umum.

Adapun yang dipamerkan adalah produk-produk UMKM yang telah didampingi. 

Expo ini dilaksanakan bertepatan dengan acara jalan sehat peringatan HUT RI ke 78 pada Minggu, 20 Agustus 2023 di Dusun III RW 05 Desa Dibal. //*

Penulis : Kelompok KKN 92 FKIP UNS

1. Hasna Kurniawan
2. Christian Putra Kuncoro
3. Citra Nailus Saída Rahma
4. Aisyah Arifaturrohmah Alfatihah
5. Sevina Ayu Mayasari
6. Sein Fransiska
7. Arya Yudhistira Bintang Utama
8. Wisni Jayusman
9. Ahmad Trias Akbar Nur Sakti

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close