TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

KKN di Ambarawa, Mahasiswa ISI Surakarta Ajarkan Hal Ini ke Siswa SD

WARTAJOGLO, Semarang - Sebagai bagian dari program perkuliahan, sejumlah mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ambarawa, Semarang. 

Dalam KKN tersebut, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah mengajar di SDN 01 dan 02 Samban,

Dan sesuai dengan bidang perkuliahan mereka yang bergelut di bidang seni, maka para mahasiswa ISI ini juga mengajarkan berbagai materi seni, dalam hal ini musik dan menari.

Untuk materi musik, mereka mengajarkan lagu daerah Batak Sinanggar Tulo dengan alat musik pianika kepada para siswa SDN 01 Samban. 

Para siswa pun terlihat antusias dengan materi yang diberikan oleh para mahasiswa ini.

Mahasiswa ISI Surakarta mengajarkan gerakan tari kepada para siswa SDN 01 Samban

Mereka diajarkan teori dasar tangga nada lagu medley, hingga praktek dengan menggunakan alat musik secara bertahap.

Total murid yang ikut kelas tambahan ini sejumlah 60 anak yang terdiri dari kelas 4, 5, dan 6. Kelas dilaksanakan setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu, setelah pulang sekolah, jam 11.00 hingga 12.30. 

Sebelumnya Kepala Sekolah dari SDN Samban 01 Tri Purwidihastuti telah mengizinkan mahasiswa ISI Surakarta untuk mengajar di sekolah yang dipimpinnya. 

"Kita berharap para siswa dapat lebih mengenal musik dari daerah lain yang masih kurang terekspos,” kata Arya Adha, salah satu pengajar.

Sementara di SDN 02 Samban, para mahasiswa ISI mengajarkan menari, di mana materi yang diajarkan antara lain gerak dasar Tari Gaya Putri Surakarta, gerak dasar Gaya Putra Gagah Surakarta, penggunaan sampur, dan pengenalan musik tari nusantara. 

Seluruh murid diajarkan secara bertahap dari musik, gerak dasar, hingga latihan secara keseluruhan. Total murid yang mengikuti kelas tari ini sejumlah 30 orang yang terdiri dari murid kelas 4,5, dan 6. Kelas dimulai setelah pulang sekolah, jam 11 hingga jam 01.00. 

Pihak sekolah mengapresiasi program KKN dari mahasiswa ISI Surakarta, salah satunya Edy Sukamto, guru di SD 02 Samban. 

“Kami sangat senang sekali kedatangan teman-teman KKN dari ISI Solo sangat membantu, karena dalam waktu dekat ini memang seni sempet menjadi pembahasan kami, dan alhamdulillah meskipun sifatnya sementara panjenengan semua sangat membantu kami,” ujar Edy.

Edy juga berharap dengan adanya KKN ISI Surakarta di SD 02 dapat mengembangkan kesenian yang ada di Samban.

“Nah dengan adanya teman-teman KKN dari ISI Surakarta, saya berharap sekali dapat membantu membangkitkan serta mengembangkan kesenian yg sudah ada” imbuhnya. 

Sementara itu, para mahasiswa ISI Surakarta berharap agar sisw-siswi dapat mengenal lebih dalam mengenai Seni Tari, dan dapat meningkatkan potensi yang mereka punya dalam bidang Seni Tari. 

KKN mahasiswa ISI sendiri ini akan berlangsung hingga tanggal 27 Agustus 2023. //Ril

Type above and press Enter to search.