TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Mahasiswa KKN UNS 103 Nangsri Berdayakan Masyarakat dengan Pelatihan Pembuatan Balsam di Dusun Nangsri Kidul

WARTAJOGLO, Karanganyar - Bertempat di salah satu rumah warga Nangsri Kidul RT 02/ RW 02, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) 103 Nangri mengadakan pelatihan pembuatan balsam pada Rabu 16 Agustus 2023. 

Pelatihan pembuatan balsam ini melibatkan ibu-ibu setempat sebagai peserta. Yang mana tujuannya untuk menambah peluang usaha ibu-ibu rumah tangga, serta mengenalkan bahan-bahan kimia yang berguna bagi kesehatan. 

Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan balsam yakni, minyak kayu putih, camphora, menthol crystal, vaseline, paraffin, gelas beaker, gelas ukur, pipet, mortar, dan tempat balsam. 

Mahasiswa KKN UNS 103 nangsri sedang mempraktekkan cara pembuatan balsam di Dusun Nangsri Kidul, Kebakkramat, Karanganyar

Yang menarik, pelatihan ini dilaksanakan bersamaan dengan acara malam tirakatan yakni hari Rabu, 16 Agustus 2023 malam. 

Proses pelatihan pembuatan balsam ini dimulai dengan pembagian leaflet yang berisi alat, bahan, dan tata cara pembuatan balsam. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai bahan-bahan serta kegunaanya, dan penjelasan langkah-langkah pembuatan balsam oleh salah satu mahasiswa KKN 103 Nangsri. 

Untuk proses pembuatannya sendiri, dimulai dengan mengelompokkan bahan yang digunakan menjadi tiga kelompok. 

Kelompok A terdiri dari minyak kayu putih. Lalu kelompok B ada camphora dan menthol kristal. Sedangkan Vaseline dan paraffin padat tergolong Kelompok C. 

Langkah pertama pembuatan balsam yaitu memasukan bahan kelompok C ke dalam gelas beaker, yang lantas dipanaskan diatas air yang sedang mendidih sampai bahan tersebut melebur. 

Sedangkan langkah kedua yaitu bahan kelompok B dihaluskan dalam mortar, kemudian ditambahkan minyak kayu putih secukupnya. 

Selanjutnya bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu, lalu dimasukkan ke dalam kemasan dan tutup rapat. 

Pelatihan pembuatan balsam ini mendapat dukungan dan antusiasme tinggi dari ibu-ibu Dusun Nangsri khususnya RT 02/ RW 02. 

Hal tersebut bisa dilihat dari antusiasme ibu-ibu yang ingin mencoba praktik membuat balsam dengan didampingi mahasiswa KKN. 

Pelatihan pembuatan balsam diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang pemanfaatan bahan kimia untuk kesehatan, serta dapat menjadi ide peluang usaha untuk meningkatkan perekonomian. //

Penulis : Kelompok KKN UNS 103 Desa Nangsri

1. Danny Rizky Sofyan Permana Putra
2. Arwanda Tulus Kurniyanto 
3. Fatimah Dwi Indraswuri
4. Gamelli Alfius
5. Aldea Yanuariski
6. Putri Andini
7. Karina Risa Sri Wahyunika
8. Siti Aprillia 
9. Rahmi Riyani 
10. Nora Intan Permata Sari

Type above and press Enter to search.