POPULER

Gelar Seminar Kewirausahaan P2MW, Wakil Rektor 3 Unisri: Mahasiswa Disiapkan Menciptakan Lapangan Kerja

Gelar Seminar Kewirausahaan P2MW, Wakil Rektor 3 Unisri: Mahasiswa Disiapkan Menciptakan Lapangan Kerja

WARTAJOGLO, Solo - Sebagai salah satu kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) tahun 2023, pengelola program tersebut menggelar Seminar Kewirausahaan.

Bertempat di Ruang Seminar Gedung B Lantai 3 pada Kamis 12 Oktober 2023, tema yang diangkat dalam seminar tersebut adalah "Meraih Mimpi Menjadi Wirusaha Muda Mandiri" 

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Joko Pramono, S.Sos.,M.Si. 

Dalam sambutannya Joko menyampaikan bahwa bidang kewiruasahaan mahasiswa merupakan bidang yang sangat penting untuk ditangani, agar tercapai salah satu indikator kenerja utama (IKU) Perguruan Tinggi yaitu menghasilkan lulusan yang mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Para narasumber dalam seminar kewirausahaan berfoto bersama dengan peserta

"Melalui Kewirausahaan, mahasiswa disiapkan menjadi pencipta lapangan kerja, bukan sekedar pencari kerja," ujarnya.

Kegiatan ini menghadirkan tiga orang narasumber yang sangat kompeten di bidang Kewirausahaan antara lain Dr. Ir. Suranto, ST., MM MSi. ILH. CHL (Praktisi & Ahli Bidang Kewirausahaan UMS), Alif Arna Danan Abdul Faathir (Owner Ampyang Jawa), dan Maliyana Nur Wijayanti, SPd, MM (Owner PT. Maharany Sekar Solo). 

Ketiga narasumber membagikan pengalaman dan berbagai prinsip penting dalam berwirausaha, 

Seminar ini sendiri dihadiri oleh 100 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa penerima pendanaan P2MW 2023, mahasiswa penerima pendanaan PKM 2023, mahasiswa yang tergabung dalam UKM Kewirausahaan SMART, dan mahasiswa peserta kuliah Kewirausahaan.

Sebelumnya tiga kelompok mahasiswa wirausaha Unisri Surakarta berhasil memperoleh pendanaan P2MW pada tahun ini.

Ketiganya antara lain, 2 kelompok dari kategori jasa dan perdagangan dan satu kelompok dari kategori makanan dan minuman. 

P2MW sendiri merupakan salah satu program dari Ditjen Belmawa Kemdikbudristek yang bertujuan melaksanakan pembinaan dan pendampingan mahasiswa wirausaha untuk melahirkan wirausaha-wirausaha muda yang mandiri. 

Untuk mahasiswa Unisri dari kategori jasa dan perdagangan mengangkat judul “Jejahitsid Clothing Zero Waste Berbasis Technososiopreneur” dan diketuai Nurul Ilmi dari program studi Manajemen.

Berikutnya adalah “Pengembangan Bag Cleaning Service Melalui Pemanfaatan Smartphone Pada Jasa Shoeclean KITA” oleh Klarisa Eka Puspita dari program studi Akuntansi. 

Sedangkan kategori makanan dan minuman dengan judul “Pengembangan Nyate FY Melalui Inovasi Pemasaran dan Produk” diketuai oleh Febri Yudistira dari program studi Ilmu Administrasi Negara. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close