POPULER

Peduli Warga Wonogiri yang Kekeringan, UTP Salurkan Bantuan Air Bersih ke 3 Desa di Jatiroto

Peduli Warga Wonogiri yang Kekeringan, UTP Salurkan Bantuan Air Bersih ke 3 Desa di Jatiroto

WARTAJOGLO, Wonogiri - Musim panas yang tak kunjung selesai berdampak pada tiga desa yang berada di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri.

Hal ini pun mendorong Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan (YPTTP) dan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP), untuk melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat ke wilayah tersebut, dengan memberikan bantuan air bersih pada Kamis 26 Oktober 2023.

Ada tiga desa yang menjadi sasaran penyaluran air bersih, yakni Desa Guno, Desa Dawungan dan Desa Brenggolo.

Acara ini diikuti oleh dewan Pembina YPTTP, Dewan Pengurus YPTTP, Bendahara YPTTP, Rektor beserta jajarannya dan dosen yang diwakili oleh Dekan dan Wakil Dekan dari masing-masing Fakultas. 

Dr. Rini Adiyani selaku koordinator acara kegiatan ini menyebut tiga desa tersebut sama sekali belum turun hujan, akibatnya warga desa mengalami kekeringan hingga sampai saat ini. 

UTP Surakarta Salurkan Bantuan Air Bersih di Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri

"Ini menjadi suatu bentuk kepedulian kita sebagai umat manusia untuk memberikan kebermanfaatan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan. Saya cukup antusias apalagi yang ikut terjun langsung dalam kegiatan ini tidak hanya Rektor dan para Wakil Rektor, melainkan Yayasan atau YPTTP ikut terlibat,” ungkap Rini.

Sementara itu Rektor UTP Prof. Winarti saat ditemui sebelum pemberangkatan mengungkapkan, bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah wujud bakti sosial sebuah lembaga pendidikan yang sekaligus rasa peduli kepada masyarakat. 

“Saya mendengar cerita dari Ibu Rini bahwa daerah di sana mengalami kekeringan jadi saya langsung menggandeng teman-teman di UTP ini untuk memberikan bantuan dengan memberikan air bersih, sebagai wujud empati. Karena bantuan ini akan dinantikan oleh warga di tiga desa tersebut. Bagi Saya universitas adalah sebuah menara gading yang fungsinya tidak hanya untuk mencerdaskan bangsa melainkan kita juga harus peka dan memahami persoalan di Masyarakat,” jelasnya. 

Ketika sampai di Kecamatan Jatiroto, rombongan UTP disambut oleh Camat Jatiroto beserta jajarannya. 

Selain itu ada 10 alumni UTP yang turut andil dalam penyambutan acara silaturahmi dan ramah tamah dengan Camat serta warga dari Jatiroto. 

Rektor UTP dalam memberikan sambutannya menaruh harapan bahwa kegiatan ini bisa menjadi satu perwujudan yang siap untuk dijamak dan dikerjasamakan dengan Kecamatan Jatiroto maupun Kabupaten Wonogiri. 

Terlebih lagi banyaknya alumni UTP yang berada di kecamatan tersebut dan rata-rata telah bekerja di pemerintahan dan menjadi perangkat atau staff di desa.

“Tentunya saya bangga melihat para alumni yang sudah sukses, mengabdi untuk desanya. Ya mudah-mudahan kita tidak berhenti di sini saja, tapi ada kegiatan lain lagi yang bisa dikolaborasikan. Dan saya berharap silaturahmi ini tidak terputus, semoga nantinya ada wadah atau organisasi untuk alumni,” imbuhnya. 

Ditemui setelah selesai acara Camat Jatiroto, Miran, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada UTP Surakarta atas bantuan air bersih untuk warganya. 

“Saya mengucapkan terima kasih untuk Yayasan dan UTP, khususnya atas bantuan air bersih yang diberikan. Air bersih ini tentu sangat bermanfaat bagi warga. Sehingga ini menjadi bukti bahwa universitas bersama dengan pemerintah, bisa bersama-sama untuk saling membantu dan peduli terhadap sesama,” tutur Miran. 

Setelah acara sambutan dari Camat Jatiroto dan ramah tamah alumni dilanjutkan penandatangan berita acara oleh Camat Jatiroto dan Rektor UTP. Yang dilanjutkan dengan pemberangkatan rombongan UTP menuju ke desa yang diberikan bantuan air bersih. //Her

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close