POPULER

 Peserta Membludak, Piala Rektor 2023 Sukses Digelar FKIP UTP Surakarta

Peserta Membludak, Piala Rektor 2023 Sukses Digelar FKIP UTP Surakarta

WARTAJOGLO, Solo - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (UTP) kembali menggelar ajang Piala Rektor di tahun 2023 ini.

Namun berbeda dengan tahun sebelumnya yang mempertandingkan futsal dan voli antar SMA Se-Jateng dan DIY, Piala Rektor 2023 kali ini hanya mempertandingkan kompetisi futsal antar SMA saja.

Meski demikian, antusiasme dari para peserta tetap sangat tinggi. Hal ini terlihat dari begitu banyaknya jumlah peserta yang ikut serta di dalamnya.

Total ada 64 tim antar SMA Se-Jateng dan DIY di Piala Rektor 2023 ini, yang mana seluruh pertandingan digelar di GORS UTP, Plesungan, Karanganyar mulai Jumat – Minggu, 29 September hingga 1 Oktober 2023. 

Rektor UTP Prof. Winarti menyerahkan bola sebagai penanda dimulainya ajang Piala Rektor 2023

Rektor UTP, Prof. Winarti yang didampingi oleh Wakil Rektor 3 Dr. Nuruddin Priya Budi santosa, M.Or  hadir sekaligus membuka acara Piala Rektor 2023 pada hari Jumat (29/09). 

Dalam sambutannya Rektor UTP mengucapkan terimakasih atas sponsor yang terlibat dan ikut serta mensukseskan kompetisi futsal ini. 

Prof. Winarti juga menuturkan bahwa UTP tentu tidak diragukan lagi dalam mengelar pertandingan olahraga. 

Hal ini dibuktikan dengan adanya prodi keolahragaan yang dimiliki oleh UTP, yaitu S1 PKO, S1 Penjas dan S2 Penjas. 

“Dengan adanya prodi keolahragaan menjadi bukti sebagai fokus UTP di bidang olahraga. Turnamen ini tentu juga menjaring atlet-atlet muda dan berprestasi dibidang olahraga khususnya futsal. Prodi olahraga tidak hanya sekedar memberi pelatihan atau hanya sekedar teori tetapi UTP juga memberikan pendampingan secara langsung sehingga banyak mahasiswa kita yang sekaligus menjadi atlet selalu berhasil dalam setiap pertandingan baik nasional maupun internasional,” tutur Prof. Winarti. 

Selain itu ditemui di tempat terpisah, Ketua Pelaksana Piala Rektor 2023, Aan Budi Santosa, S.Pd, M.Pd menuturkan bahwa Piala Rektor merupakan moment penting untuk mencari bibit atlet serta memperkuat tali persaudaraan dan solidaritas antara peserta, penonton, dan tamu undangan. 

Sebagai ketua pelaksana Piala Rektor 2023, Aan merasa senang dan bangga bahwa acara ini dapat berjalan dengan lancar, sukses dan tanpa hambatan sedikitpun selama 3 hari. 

“Tentunya saya puas selama 3 hari ini, dari panitia kerjasama dosen dan mahasiswa yang cukup baik sehingga membuat turnamen ini sukses. Saya juga salut kepada para peserta dan penonton yang selalu menjunjung tinggi sportivitas dan fair play dalam setiap pertandingan. Semoga turnamen ini dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi kita semua,” ungkap Aan. 

Pertandingan final yang digelar pada hari Minggu (01/10) pukul 16.00 WIB mempertemukan dua tim yaitu SMAN 1 Mojolaban melawan SMA N 3 Sragen. 

Pertandingan yang berjalan selama 30 menit di bagi ke dalam dua babak ini sangatlah sengit hingga akhirnya SMA N 3 Sragen berhasil menumbangkan SMAN 1 Mojolaban dengan skor 2-1. 

Setelah acara final selesai, langsung dilanjutkan acara penutupan dan penyerahan hadiah. 

Juara pertama mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,00 yang berhasil diraih oleh SMA N 3 Sragen. 

Juara kedua SMAN 1 Mojolaban mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp 2.000.000,00. 

Juara tiga bersama SMK Bina Taruna dan SMA N 1 Ngemplak mendapatkan hadiah berupa piala serta uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000,00. 

Lalu ada tiga kategori khusus yaitu, Best player yang diraih oleh M. Naufal Nadit Islami (SMA N 3 Sragen), Top Scorer Mahardika Putra (SMA N 1 Mojolaban), dan Best Supporter jatuh pada supporter SMK N 5 Surakarta. 

Untuk juara pertama hadiah diberikan langsung oleh Wakil Rektor 2, Dr. Teguh Santosa, M.Pd yang sekaligus menutup acara Piala Rektor 2 2023. 

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang, dalam sebuah kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Untuk yang belum berhasil tetap semangat, tetap berlatih, jangan pantang menyerah, siapa tau tahun depan FKIP UTP menyelenggarakan piala rektor kembali bisa jadi juara di tahun depan. Kepada para pemenang, juga harus tetap latihan dan pertahankan gelar juaranya,” ucap Teguh saat menutup acara Piala Rektor 2023.

Lebih lanjut setelah penyerahan hadiah, Naufal Nadit Islami, kapten sekaligus peserta yang mendapatkan best player dalam Piala Rektor 2023 mengungkapkan rasa senangnya bisa membawa timnya menjuarai Piala Rektor 2023. 

“Tentunya senang dan bangga bisa menjadi juara pertama tentu ini hasil kerja keras bersama, terimakasih atas support yang diberikan oleh kepala sekolah SMAN 3 Sragen, pelatih, sponsor dan juga teman-teman yang sudah mendukung kita secara langsung disini di GORS UTP. Saya tidak menyangka juga menjadi best player,” ujar Naufal.  //Bang


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close