POPULER

Sukses Digelar, CMSE 2023 jadi Momentum Anak Muda Belajar Berinvestasi

Sukses Digelar, CMSE 2023 jadi Momentum Anak Muda Belajar Berinvestasi

WARTAJOGLO, Jakarta – Digelar di Lobby dan Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), acara Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2023 berjalan sukses.

Acara yang mengangkat tema "Aku Investor Saham" dan digelar selama tiga hari sejak Kamis (26/10) hingga Sabtu (28/10) tersebut, menjadi momentum yang berharga bagi pengembangan pengetahuan dan pengalaman investasi di pasar modal Indonesia.

Bahkan hal ini tidak hanya berharga bagi para pengunjung yang hadir secara langsung, namun juga bagi masyarakat yang menyaksikan secara daring seluruh sesi seminar di YouTube Indonesia Stock Exchange.

Suasana penyelenggaraan CMSE 2023 di Lobby BEI

"Pelaksanaan CMSE 2023 disambut dengan sangat antusias oleh seluruh pemangku kepentingan pasar modal Indonesia," ujar Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik dalam laporan penutupan CMSE 2023 pada Sabtu 28 Oktober 2023. . 

Tercatat dari 65 booth terisi oleh 83 exhibitor, serta terdapat 9 seminar dan 1 workshop Go Public yang selalu dipenuhi oleh penonton. 

Selama 3 hari pelaksanaan, sebanyak 50 narasumber dan moderator telah hadir untuk berbagi ilmu sekaligus pengalaman berinvestasi.

Tercatat sebanyak 8.444 pihak yang telah melakukan pendaftaran ke situs web cmse2023.id. 

Total pengunjung yang mengikuti rangkaian CMSE 2023 ini berjumlah 17.446, terdiri dari 10.101 pengunjung yang hadir secara fisik, dan sebanyak 7.345 viewer mengikuti sesi seminar dalam rangkaian CMSE 2023 secara daring melalui YouTube.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia selaku Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Erick Thohir, memberikan apresiasi atas penyelengaraan CMSE 2023 Aku Investor Saham. 

Dalam sambutannya pada sesi seminar penutup CMSE 2023 (28/10), Erick menekankan pentingnya strategi, disiplin, dan kerja keras dalam investasi, sebagaimana halnya dalam olahraga. 

"Anak muda seharusnya sudah mulai berinvestasi, salah satunya di pasar modal Indonesia, untuk masa depan yang lebih baik," ucap Erick.

Terkait keterlibatan anak muda dalam investasi, dikutip dari Lokawarta.com, Kepala BEI Jawa Tengah 2, Wira Adibrata menyebut bahwa jumlah investor pasar modal di Solo Raya naik menjadi 231.994 per September 2023, dari sebelumnya pada Maret 2023 sebanyak 216.660.

“Artinya kenaikan investor di Solo Raya mencapai 2.555 per bulan,” katanya pada Senin 30 Oktober 2023.

Yang menarik, peningkatan jumlah investor nasional maupun Solo Raya, didominasi anak anak muda generasi milenial dan generasi Z. 

Mereka jadi generasi penerus fundamental ekonomi dan pasar modal Indonesia, karena itu perlu diimbangi dengan literasi yang baik.

Menurut Wira, literasi sangat penting sebab investor investor muda-muda tersebut riskan dengan fomo, yakni beli saham karena ikut ikutan tanpa analisa yang matang.

“Ini menjadi harapan ke depan, agar para generasi muda melek investasi dan memiliki pemahaman baik, sehingga tercipta inklusi yang terliterasi,” tandasnya.

Penyelenggaraan CMSE 2023 juga diakhiri dengan penampilan istimewa dari Vidi Aldiano, yang membawakan beberapa lagu andalannya. 

Dengan keberhasilan penyelenggaraan CMSE 2023, diharapkan semangat inklusivitas dan kebanggaan menjadi bagian dari pasar modal Indonesia semakin meningkat. 

Dukungan dari berbagai pemangku kepentingan dalam pasar modal Indonesia akan terus menginspirasi lebih banyak individu untuk meraih kemandirian finansial melalui investasi saham.

CMSE 2023 Aku Investor Saham adalah bukti komitmen pasar modal Indonesia dalam memberikan wadah bagi masyarakat untuk terlibat dalam investasi yang berkelanjutan. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close