TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Tampil Memukau, Semarak Budaya Indonesia Raih 2 Penghargaan di Andong Mask Dance Festival Korea

WARTAJOGLO, Solo - Raihan prestasi membanggakan ditorehkan oleh Semarak Budaya Indonesia, yang merupakan delegasi Indonesia di Andong Mask Dance Festival. 

Andong Mask Dance Festival 2023 merupakan salah satu festival bergengsi di Kota Andong, Korea, yang digelar pada 2 hingga 9 Oktober 2023 oleh Korea Foundation for Cultures and Ethics. 

Dalam festival di Mask Dance Theatre, Andong tersebut, Semarak Budaya Indonesia menampilkan tari topeng Indonesia yaitu Tari Sri dan Blekdikdot serta Tari Jago dan Wonderland Nusantara.

Semarak Budaya Indonesia saat menampilkan Tari Sugriwa Subali di Andong Mask Dance Festival Korea

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan gelaran inipun terbilang tinggi, termasuk saat delegasi Indonesia tampil, di mana ratusan penonton memadati area pertunjukan selama delapan hari pertunjukan,

Semarak Budaya Indonesia yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Tekonologi tersebut, juga mengikuti perlombaan tari topeng internasional yang diselenggarakan oleh panitia acara. 

Dalam perlombaan itu disajikan Tari Jatayu, Sugriwo Subali, dan Sabda Amerta, yang selanjutnya berhasil membawa Semarak Budaya Indonesia meraih dua ketegori pemenang, yaitu partisipasi dan hadiah spesial.

“Kami sangat senang dapat menampilkan tari topeng Indonesia di Andong Mask Dance Festival, Korea. Kami juga bangga meraih dua kemenangan kompetisi tari topeng dari 33 penari topeng lainnya,” jelas ketua rombongan Semarak Budaya Indonesia, Rambat Yulianingsih. 

Rambat yang juga seorang penari di Solo tersebut ikut membawakan Tari Sabda Amerta dan memenangkan hadiah spesial. 

Sementara Damasus Chrismas Verlananda W., Kambang Arum Prabaningrat, dan Putri Faradita Idris adalah penari Sugriwo Subali yang memenangkan kategori partisipasi. 

Semarak Budaya Indonesia juga turut meriahkan Andong Mask Dance Festival dengan mengikuti parade pada 2 Oktober dan 7 Oktober 2023 di sepanjang jalan-jalan di sekitar area acara. 

Delegasi lain berasal dari Negara Republik Korea, Malaysia, Mongolia, Rusia, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Tiongkok.

Dengan keterlibatan dalam festival ini, Semarak Budaya Indonesia turut mempererat hubungan diplomasi antar kedua negara, yaitu Indonesia dan Republik Korea yang terjalin ke-50 tahun melalui kesenian dan kebudayaan. //Bang

Type above and press Enter to search.