POPULER

Dikukuhkan di Karanganyar, HWMI Diharap Mampu Berdayakan Para Janda dengan Kegiatan Positif

Dikukuhkan di Karanganyar, HWMI Diharap Mampu Berdayakan Para Janda dengan Kegiatan Positif

WARTAJOGLO, Solo - Menjalani kehidupan sebagai seorang janda kerap memunculkan beban psikologis tersendiri bagi seorang wanita, terutama bagi mereka yang tidak memiliki skill atau kemmapuan tertentu, yang membuatnya bisa mandiri.

Karena itulah, demi mengakomodasi situasi yang dialami oleh para janda tersebut, sekumpulan janda di wilayah Solo raya yang berasal dari berbagai latar belakang, menggagas berdirinya Himpunan Wanita Mandiri Indonesia (HWMI).

"Ke depan kita akan mengadakan berbagai pelatihan kepada para janda, agar mereka bisa memiliki kemampuan dalam memenuhi kebutuhan mereka secara ekonomi. Dengan begitu mereka benar-benar bisa menjadi sosok wanita yang mandiri," jelas SS Maharani, SH, selaku ketua umum HWMI, dalam acara pengukuhan dan pelantikan pengurus organisasi tersebut, pada Senin 13 November 2023 di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Plt. Bupati Karanganyar Rober Christanto saat melantik para pengurus HWMI

Maharani juga berharap agar ke depan pemerintah menyediakan anggaran khusus untuk para janda, karena terkadang ada beban hidup yang berat yang harus dipikul para janda, terutama dalam membesarkan anak-anak mereka seorang diri.

"Kepada Pak Rober Christanto (Plt. Bupati Karanganyar), saya titip pesan kepada pemerintah, tolong sediakan anggaran untuk para janda. Agar para janda bisa tetap hidup layak dalam membesarkan anak-anak mereka," lanjut Maharani.

Terkait berdirinya organisasi ini, selaku Plt Bupati Karanganyar, Rober Christanto memberikan apresiasi.

Baginya organisasi HWMI memang sangat dibutuhkan di masyarakat, demi mewadahi dan menampung aspirasi para janda.

"Dengan organisasi ini, akan ada wadah khusus bagi para janda yang akan mengarahkan mereka untuk menjalankan berbagai aktifitas dan kegiatan yang positif," ujarnya saat ditemui di sela-sela deklarasi HWMI.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Joko Sutrisno selaku Dewan Pembina HWMI.

Menurutnya berdirinya HWMI ini adalah satu gebrakan yang luar biasa. Sebab ini adalah organisasi janda pertama yang ada di Indonesia.

"Selama ini kita banyak mengenal berbagai komunintas yang mewadahi ara janda di media sosial. Namun HWMI ini adalah organisasi pertama yang mewadhi keberadaan para jada tersebut secara riil. Jadi saya berharap keberadaan organisasi ini bisa membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya para janda," tandasnya saat memberi sambutan. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close