TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Meriahkan Bazar Hari Jadi UMS ke-65, Mahasiswa Asing Kenalkan Makanan Khas Pakistan

WARTAJOGLO, Solo - Ribuan peserta mengikuti kegiatan jalan sehat yang digelar dalam rangka Hari Jadi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ke - 65 pada Minggu 12 November 2023 pagi.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut, digelar pula acara bazar yang menyajikan berbagai olahan kuliner lezat dari karyawan dan civitas akademika UMS, di kawasan sekitar Gedung Induk Siti Walidah.

Yang menarik dari sekian banyak stand di bazar tersebut adalah stand milik Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS.

Sebab di stand yang dijaga oleh para mahasiswa asing ini, ditawarkan sajian makanan yang berbeda dengan lainnya, yakni maknan khas Pakistan.

Mahasiswa asing UMS tawarkan makanan khas Pakistan di Bazar Hari Jadi UMS ke-65

Koordinator Stand Bazar BKUI, Alex Kurniawan, S.Pd., menyampaikan bahwa stand ini menjual tiga makanan khas dari negara Pakistan.

“Jadi ceritanya kita mau explore makanan dari luar negeri. Melihat mahasiswa asing yang dimiliki UMS berasal dari 20 negara. Kemudian dari kami menawarkan kepada mahasiswa luar negeri yang ingin memperkenalkan makanan khas dari negaranya,” ujarnya.

Akhirnya, lanjut Alex, beberapa mahasiswa luar negeri yang berasal dari Zimbabwe, Bangladesh, India, Pakistan dan Sudan, bersepakat untuk memperkenalkan makanan dari negara Pakistan. Terdapat tiga jenis makanan yang dijual, mulai dari nasi Biryani, Halwa dan Tamirian. 

Makanan yang disajikan oleh BKUI dan mahasiswa asing UMS mendapatkan antusias yang luar biasa dari peserta jalan sehat.

 “Alhamdulillah, antusias dari peserta jalan sehat luar biasa. Nasi yang dimasak dalam satu panci besar sudah habis, sampai banyak yang masih menanyakan padahal stoknya sudah habis. Paling yang masih ada itu jenis makanan halwa, karena bagi masyarakat Indonesia itu masih belum begitu familiar. Belum habis tapi sudah tinggal sedikit,” lanjut Alex.

Dia berharap, UMS di tahun ke 65 ini, semakin jaya dan semakin banyak negara yang kuliah di Indonesia, dan kampus UMS semakin dikenal di dunia.

Salah satu mahasiswa Program Internasional UMS, Abu Thoha mengungkapkan dalam rangka ulang tahun UMS ke-65 ini dapat mengenal banyak budaya Indonesia, khususnya makanan tradisional.

“Saya kuliah di Indonesia, dan belajar di UMS. Saya sangat senang berada di sini, terutama dalam program atau acara yang diselenggarakan oleh kampus, karena dari sini saya mengenal banyak budaya Indonesia seperti makanan tradisional, dan pakaian masyarakat Indonesia yang dijual pada bazar ini,” kata mahasiswa asal Bangladesh itu.

Menurutnya, program acara ini sangat baik, diikuti oleh banyak orang sehingga sangat ramai dan memadati area Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Selain itu, mahasiswa luar negeri juga mendapatkan kesempatan untuk bisa mengembangkan dan memperkenalkan budaya internasional kepada peserta jalan sehat.

“Saya Abu Thoha dari Bangladesh mengucapkan selamat ulang tahun UMS ke-65, Mencerahkan, Unggul, Mendunia,” pungkasnya. //Bang

Type above and press Enter to search.

close