POPULER

Rakor Pengelolaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024, Ini yang akan Dilakukan Polda Jateng

Rakor Pengelolaan dan Distribusi Logistik Pemilu 2024, Ini yang akan Dilakukan Polda Jateng

WARTAJOGLO, Semarang – Polda Jateng| Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah  menggelar rapat koordinasi pengelolaan dan distribusi logistik Pemilu Tahun 2024 di MG Setos Hotel Semarang, Kamis (14/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Ketua LKPP RI, Karoops Polda Jateng, Ketua BPKP Provinsi Jawa Tengah termasuk Ketua KPU Kab/Kota se Jateng dan Sekretaris KPU Kab/Kota se Jateng.

Karoops Polda Jateng , Kombes Pol Basya Radyananda dalam sambutannya menuturkan bahwa pendistribusian logistik pemilu sangat penting karena terkait dengan keamanan dan kelancaran pelaksanaan pemilihan umum tahun 2024.



“ Polri memiliki tekad dan komitmen untuk membantu penyelenggara Pemilu Tahun 2024 dalam melaksanakan Pemilu yang aman dan lancar ”, ujar Karoops.

Lanjut Kombespol Basya, Terkait Pengamanan pendistribusian logistik sudah dilaksanakan oleh Polda Jateng, ada 3 komponen penting dalam pengamanan logistik Pemilu  diantaranya Pengamanan kantor KPU dan Bawaslu serta seluruh gudang logistik KPU Kab/Kota, Pengamanan 8 (delapan) perusahaan percetakan logistik pemilu dan Pengawalan barang-barang logistik pemilu dari tempat percetakan menuju tempat tujuan.

“Dalam pengamanan perusahaan percetakan surat suara dan pengawalan surat suara polda jateng telah menyiapkan pers sejumlah 100 anggota  Satbrimob Polda Jateng sebagai pelaksana pengamanan tempat percetakan, sedangkan untuk 125 personel Satbrimob Polda Jateng melaksanakan pengawalan pendistribusian logistik Pemilu Tahun 2024,” jelas Kombes Pol Basya Radyananda.

Karoops juga menjelaskan pola pengamanan sudah direncanakan sedemikian rupa, sehingga dalam pengamanan seluruh objek dapat terkelola dan terkendali dengan baik. Salah satunya telah berkoordinasi dalam pengamanan kantor KPU dimana di seluruh Kantor KPU Kab/ kota serta di gudang logistik KPU terpasang CCTV guna untuk back up pengamanan.

“Pemasangan CCTV itu, dipasang bukan di dalam kantor KPU, melainkan di sekitarnya dalam mengantisipasi perbuatan pidana seperti aksi anarkisme, kemudian teror dan sebagainya,” kata Kombespol Basya Radyananda.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jateng Kombespol Satake Bayu S dalam keterangan yang di berikan di Press Room Polda Jateng pada Jumat (15/12/23) menjelaskan  sebagai aparatur negara, Polri, memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keamanan dalam gelaran Pemilu 2024, di mulai dari sebelum, saat dan sesudah pelaksanaan Pemilu.

“ Secara umum tugas Polri dalam pengamanan Pemilu tahun 2024 adalah melaksanakan operasi pengamanan guna mewujudkan situasi yang aman, tertib dan lancar.  Untuk mewujudkan Pemilu damai, sejuk dan kondusif, TNI – Polri selaku aparat keamanan saling bersinergi  dan tetap Netral dalam mengamankan gelaran Pemilu” tutup Kabid Humas. //Hum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close