POPULER

Tingalan Jumenengan Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Favorit di Kota Solo

Tingalan Jumenengan Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Favorit di Kota Solo

WARTAJOGLO, Solo - Suasana hening terasa saat sembilan orang gadis penari Bedaya Ketawang, berjalan perlahan memasuki Sasana Sewaka Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Setelah memberi salam sembah kepada Sinuhun Paku Buwono XIII yang duduk di dampar kencana, para penari itupun lantas mulai bergerak gemulai menarikan gerakan-gerakan tarian sakral Bedaya Ketawang.

Tari Bedaya Ketawang memang bukan sekedar tarian biasa. Sebab tarian ini hanya akan ditampilkan setahun sekali, bersamaan dengan ulang tahun kenaikan tahta sang raja atau yang disebut dengan upacara Tingalan Jumenengan.

Tarian Bedaya Ketawang

Keunikan dari tarian yang satu ini menjadi daya tarik tersendiri, yang membuat banyak orang ingin bisa melihatnya secara langsung.

Karena itulah di tiap kali upacara Tingalan Jumenengan, selalu dipadati oleh para tamu baik yang diundang secara khusus maupun kalangan sentana dalem.

Pun demikian halnya dengan upacara Tingalan Jumenengan ke-20, yang digelar pada Selasa 6 Februari 2024.

Di mana ribuan tamu hadir memenuhi keraton untuk mengikuti prosesi Tingalan Jumenengan.

"Tingalan Jumenengan memang menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri bagi Kota Solo. Di mana tiap kali penyelenggaraan acara ini berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan," ujar pegiat wisata Kota Solo, Daryono saat ditemui di tengah acara Tingalan Jumenengan.

Daryono, pegiat wisata di Kota Solo

Daryono yang juga Ketua Indonesia Congress and Convention Association (INCCA) Solo, berharap agar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dengan berbagai tradisi yang dilestarikannya, bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

"Tingalan Jumenengan tahun ini spesial, karena memasuki tahun ke-20. Karena itu harapan kami Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai sumber dari kebudayaan Jawa bisa menjadi daya tarik wisata dengan beragam atraksi wisata budaya yang dimilikinya. Sehingga bisa selalu menjadi destinasi wisata favorit, bagi wisatawan domestik maupun manca negara," lanjut Ketua Komite Tetap Bidang MICE Kadin Surakarta ini.

Karena itulah Daryono juga berharap agar suasana di dal;am keraton bisa senantiasa kondusif, agar upaya pengembangan keraton sebagai destinasi wisata favorit bisa terwujud.

"Saya ucapkan selamat kepada Sinuhun Paku Buwono XIII atas penyelenggaraan Tingalan Jumenegan yang sudah ke-20. Semoga situasi di dalam keraton selalu kondusif, sehingga upaya menjadikan keraton sebagai destinasi wisata favorit di Kota Solo bisa terwujud," pungkasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close