POPULER

Rayakan Anniversary ke-31, Joko Sutrisno Buka Rahasia Sukses PT Yospar Group

Rayakan Anniversary ke-31, Joko Sutrisno Buka Rahasia Sukses PT Yospar Group

WARTAJOGLO, Solo - Tepuk tangan dan lantunan lagu "Selamat Ulang Tahun" membahana bersamaan dengan ditiupnya lilin dari dua buah kue tart oleh Joko Sutrisno di ballroom Hotel Red Chilies, Kota Solo, pada Selasa 12 Maret 2024.

Hari itu pria yang juga ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Solo ini memang sedang merayakan hari ulang tahunnya yang ke-64.

Seluruh keluarga, kolega dan para tamu undangan yang hadirpun langsung memberikan ucapan selamat kepada salah satu pengusaha sukses di bisnis destinasi wisata itu.

Joko Sutrisno mengangkat karikatur bergambar dirinya yang merupakan hadiah dari PHRI Kota Solo

Ya, Joko memang dikenal sebagai raja destinasi wisata. Sebab belasan destinasi wisata di berbagai wilayah baik Solo Raya, Jawa Tengah hingga luar Jawa dikelola olehnya.

Dan yang menarik, bersamaan dengan ulang tahunnya, dirayakan pula ulang tahun PT Yospar Grawista Tama (YGT), perusahaan miliknya yang menjadi induk dari berbagai bisnis yang dijalankannya.

PT YGT atau Yospar Group sendiri saat ini sudah memasuki usia 31 tahun, yang mana di bawahnya berdiri beberapa perusahaan baik yang bergerak di bidang destinasi wisata maupun yang lainnya.

"Usia yang ke-31 ini memberikan banyak pelajaran kepada kita. Di mana setelah masa pandemi Covid-19 kemarin, sekarang kita harus bangkit lagi. Untuk itu kita gerakkan seluruh lini organisasi, terutama marketing untuk bisa terus maju dengan berbagai hal yang baru," jelas Joko saat ditemui di sela-sela acara.

Hal-hal baru memang harus dijalankan oleh Joko untuk memajukan bisnisnya, termasuk yang menyangkut era digitalisasi. 

"Ke depan kita mulai mempelajari pasar yang dibidik oleh para kompetitor, yang selanjutnya sebisa mungkin pasar itu juga bisa kita dapatkan. Lalu kita juga memperbanyak jaringan agen perjalanan. Sebab bisnis hospitality itu tidak bisa lepas dari agen perjalanan. Dan seiring digitalisasi, tentunya kita juga memanfaatkan penggunaan aplikasi untuk memudahkan pengaksesan," ungkap Joko.

Joko memang terbilang sukses dalam menjalankan bisnisnya, yang dirintis mulai dari nol.

Kegigihannya dalam bekerja tentu menjadi salah satu kunci sukses pria yang tercatat sebagai pengurus di berbagai organisasi ini.

Namun satu hal yang selalu dipegang dan menjadi jalan sukses bagi pria yang juga Ketua KADIN Kabupaten Karanganyar ini adalah pelayanan.

"Dengan bisnis yang saya jalankan ini, kunci utamanya adalah pelayanan. Kita harus bisa melayani dengan baik. Sebab dengan pelayanan yang baik ini, maka kita akan memberikan manfaat bagi orang lain. Sehingga otomatis orang akan senang dan mau kembali. Jadi jangan berpikir cari untung dulu. Utamakan pelayanan yang terbaik. Dan apa yang saya adakan kali ini juga bagian dari pelayanan. Di mana kita bisa saling menjalin komunikasi dan silaturahmi dengan berbagai pihak. Untuk kemudian ke depannya bisa kita lakukan kerja sama atau yang lainnya," tandas Joko. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close