POPULER

Puncak Arus Mudik Terlewati, Arus Lalin di GT Kalikangkung Ramai Lancar

Puncak Arus Mudik Terlewati, Arus Lalin di GT Kalikangkung Ramai Lancar

WARTAJOGLO, Semarang - Pasca puncak arus mudik yang terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 sore, lalu lintas di Tol Trans Jawa tampak masih padat dan lancar.

Sistem satu arah nasional masih diterapkan Korps Lalu Lintas Polri mulai GT Cikatama hingga GT Kalikangkung.

Hal itu disampaikan Kepala Pensat Ropenmas Divhumas Polri Kombes Harry Goldenhardt Santoso kepada media saat mengunjungi GT Kalikangkung dengan helikopter, Minggu sore 7 April 2024.

“Dari pantauan udara  GT Cikampek hingga Kalikangkung  arus lalu lintas tetap padat namun lancar,” ujarnya.

Kepala Pensat Ropenmas Divhumas Polri Kombes Harry Goldenhardt Santoso saat meninjau gerbang tol Kalikangkung

Namun kemacetan lalu lintas dilaporkan masih terjadi, terutama di beberapa halte dan pintu keluar Tol Cipali.

“Tapi sampai GT Kalikangkung semuanya lancar,” lanjutnya.

Untuk memfasilitasi kepulangan ke negara asal, sistem satu arah nasional harus dilanjutkan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Namun pelaksanaannya akan disesuaikan dengan situasi kepadatan  lalu lintas.

"Sampai hari ini, One Way National tetap beroperasi penuh 24 jam sehari. Mulai tanggal 8 dan 9 akan berlaku hingga tengah malam. Namun hal ini juga  tergantung kepadatan lalu lintas,” jelasnya.

Lalu lintas di Jalan Tol Trans-Jawa akan  normal pada tanggal 10-11 April, kemudian pada tanggal 12-16 April akan diberlakukan arus balik satu arah nasional, pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kepadatan lalu lintas.

Dalam kunjungan tersebut, Komisaris Goldenhardt juga menyempatkan diri menyambut pengunjung yang melewati GT Kalikangkung.

Yang mengesankan, bila cuaca dekat dengan laut biasanya hanya digunakan satu jalur, kedua jalur ini sama-sama digunakan.

"Syukurlah perjalanan berjalan lancar. Terima kasih pak,” ucap salah satu pengunjung asal Jakarta saat ditanya kesannya terhadap penerapan sistem satu arah.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng mengapresiasi kepatuhan masyarakat atas petunjuk yang diberikan petugas di lapangan sehingga arus mudik tetap lancar.

"Lancarnya arus mudik kali ini tak lepas dari kepatuhan masyarakat atas himbauan agar mudik lebih awal sehingga tidak menumpuk di puncak arus mudik hari Sabtu kemarin," ujarnya.

Dirinya turut menghimbau masyarakat yang menggunakan masa libur lebaran untuk berwisata agar tetap mematuhi arahan petugas di lapangan. Hal ini guna mengantisipasi kepadatan arus kendaraan dan kemacetan akibat melonjaknya jumlah pengunjung di tempat wisata.

"Saat berwisata, tetap ikuti petunjuk petugas di lapangan. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan pengemudinya menguasai medan yang ditempuh," jelasnya.

Ditambahkan, kemahiran pengemudi dan kehati-hatian dalam berkendara menuju tempat wisata sangat dibutuhkan karena sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah berlokasi di pegunungan dan melalui jalur yang berkelok tajam.

"Hati-hati dalam perjalanan, semoga masa libur lebaran tahun ini menyenangkan bersama sanak family," pungkasnya. /Hum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close