POPULER

Seminar Proposal Pengabdian Masyarakat, Wakil Rektor Unisri Dorong Prodi Miliki Jurnal Terakreditasi

Seminar Proposal Pengabdian Masyarakat, Wakil Rektor Unisri Dorong Prodi Miliki Jurnal Terakreditasi

WARTAJOGLO, Solo - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, kembali menunjukkan komitmennya dalam mewujudkan misi pengabdian kepada masyarakat. 

Pada tahun anggaran 2023/2024, Unisri menyelenggarakan Seminar Proposal Pengabdian kepada Masyarakat sebagai bagian dari rangkaian kegiatan yang diperuntukkan bagi dosen tetap perguruan tinggi ini.

Sebanyak 138 dosen tetap dengan Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) dari yayasan yang berada di bawah naungan Unisri turut serta dalam seminar yang diadakan ini. 

Kegiatan tersebut tidak hanya menjadi momentum untuk menyusun proposal pengabdian kepada masyarakat, tetapi juga sebagai ajang untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian yang berkualitas serta berorientasi pada pelayanan masyarakat.

Para dosen Unisri mengikuti Seminar Proposal Pengabdian kepada Masyarakat

Saiful Bahri, Wakil Rektor Bidang Akademik Unisri, dalam sambutannya menekankan pentingnya peran dosen dalam melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Ia menyatakan bahwa penelitian dan pengabdian masyarakat bukan hanya menjadi kewajiban, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar dan memajukan bangsa. 

Lebih lanjut, Saiful Bahri juga memberikan arahan kepada setiap program studi (prodi) di Unisri untuk berupaya memiliki jurnal terakreditasi setidaknya di tingkat Sinta 2 (Science and Technology Index). 

"Tolong kaprodi merencanakan jurnal ilmiah itu, setidaknya sampai Sinta 2, universitas akan mensuport," kata Saiful Bahri ketika memberi sambutan.

Langkah ini dianggap penting dalam mendukung peningkatan kualitas dan reputasi Unisri sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berkompeten dan berorientasi pada penelitian yang berkualitas.

"Penelitian dan pengabdian masyarakat itu sudah menjadi kewajiban bagi para dosen, sudah menjadi kebijakan universitas, ini tidak main-main," kata Saiful Bahri.

Dalam mendukung upaya tersebut, pihak universitas berjanji akan memberikan dukungan yang optimal kepada dosen-dosen Unisri. 

Dukungan ini tidak hanya dalam bentuk pengadaan fasilitas dan sumber daya yang diperlukan untuk penelitian, tetapi juga dalam hal pengembangan kapasitas dosen melalui pelatihan dan workshop yang relevan.

Sementara itu dalam laporannya, Ketua LP2M Unisri Yannie Asrie Widanti mengatakan, kegiatan Seminar Proposal Pengabdian kepada Masyarakat tersebut merupakan agenda awal bagian dari rangkaian kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diperuntukkan bagi dosen tetap Perguruan Tinggi Unisri.

"Pengabdian kepada Masyarakat yang dilaksanakan para dosen bertujuan untuk memberikan alernatif dan solusi atas berbagai problematika kehidupan di masyarakat, khususnya masyarakat di seputar kota Surakarta," kata Yannie. 

Dalam pengabdian kepada masyarakat disarankan untuk melakukan kolaborasi, antara dunia pendidikan, masyarakat, pemerintah, dunia usaha dan dunia industri. Tujuannya untuk menjalin sinergi berjejaring dan menemukan solusi yang komprehensif dari kegiatan yang dilaksanakan. 

Seminar Proposal Pengabdian kepada Masyarakat ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang solid dalam membangun sinergi antara Unisri dengan masyarakat, serta memperkuat komitmen Unisri dalam menyumbangkan kontribusi nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, Unisri berupaya menjadi garda terdepan dalam upaya pemberdayaan dan pengembangan potensi masyarakat Indonesia. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close