TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Buka Pendidikan Khusus Profesi Advokat Angkatan ke-6, Dekan FH Unisri: Advokat Harus Berintegritas dan Memperjuangkan Keadilan

WARTAJOGLO, Solo -  Bekerja sama dengan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kembali menyelenggarakan Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), yang kali ini memasuki angkatan ke-6.

Acara pembukaan dilaksanakan di ruang PKPA Fakultas Hukum Unisri dan diresmikan oleh Dekan Fakultas Hukum, Dr Dora Kusumastuti, SH, MH pada Jumat 17 Mei 2024, dan akan berlangsung hingga 29 Juni 2024. 

“Semoga rekan-rekan peserta PKPA ini kelak menjadi advokat yang punya integritas dan memperjuangkan keadilan di masyarakat,” ujar Dora Kusumastuti dalam sambutannya.

Para peserta PKPA angkatan ke-6 yang digelar FH Unisri 

Sementara Dr Achiel Suyanto, SH, MH selaku Wakil Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Peradi, turut hadir dan memberikan penjelasan mengenai persyaratan menjadi peserta PKPA dan advokat. 

"Rata-rata lulusan Fakultas Hukum itu 22 tahun atau 23 tahun. Nah, setelah dua tahun magang di kantor advokat atau kantor pengacara, mereka bisa mendaftar PKPA untuk menjadi advokat atau pengacara," jelasnya.

Lebih lanjut, Dr Achiel menekankan bahwa profesi pengacara tidak boleh dirangkap dengan jabatan lain seperti PNS/ASN, TNI, Polri, DPR, dan sebagainya. 

"Kalau sudah menjadi advokat lalu terpilih sebagai bupati/walikota, anggota DPR, atau jabatan lainnya bisa mengajukan cuti profesi," ujarnya.

Ketua panitia penyelenggara PKPA, Dr YB Irpan, dalam laporannya menyatakan bahwa panitia selalu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan PKPA, untuk menghasilkan advokat yang lebih baik dan berkualitas. 

"Semoga harapan rekan-rekan untuk menjadi advokat atau pengacara yang berkualitas dan profesional lahir dari PKPA ini," katanya.

Dengan penyelenggaraan PKPA ini, Fakultas Hukum Unisri berharap dapat terus berkontribusi dalam melahirkan advokat-advokat handal yang siap berjuang demi tegaknya keadilan di Indonesia. 

Acara ini juga menunjukkan komitmen Fakultas Hukum Unisri dalam menjalin kerja sama dengan Peradi, untuk memastikan kualitas pendidikan dan pelatihan yang optimal bagi calon advokat. //Bang

Type above and press Enter to search.

close