POPULER

Hadiri Wisuda Unisri, Kepala LLDIKTI: Lulusan Harus jadi Pionir untuk Menciptakan Peluang Bisnis

Hadiri Wisuda Unisri, Kepala LLDIKTI: Lulusan Harus jadi Pionir untuk Menciptakan Peluang Bisnis

WARTAJOGLO, Solo - Sedikitnya 488 wisudawan dan wisudawati menjalani prosesi wisuda Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.angkatan I tahun 2024, yang digelar di Sunan Hotel Solo pada Rabu 8 Mei 2024.

Acara wisuda ini menandai pencapaian luar biasa para mahasiswa dari 14 Program Studi dan 3 Magister, yang telah menyelesaikan serangkaian proses belajar di Unisri.

"Kali ini kita mewisuda 488 lulusan, yang terdiri dari 442 Program Sarjana (S1) serta 46 orang dari program Magister (S2)," jelas Rektor Unisri Prof. Sutoyo.

Sutoyo juga menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini agak berbeda dengan sebelum-sebelumnya, yang selalu digelar di dalam kampus.

Para wisudawan Unisri menjalani prosesi wisuda di ballroom Sunan Hotel Solo

Menurutnya dengan menggelar prosesi wisuda di luar kampus, hal itu akan memberikan susasana yang sedikit berbeda. Di mana para orang tua bisa secara langsung ikut mendampingi para wisudawan di dalam ruangan.

"Kebetulan situasi di sekitar kampus sedang banyak proyek pembangunan, sehingga cukup menyulitkan bagi para undangan saat akan masuk. Namun demikian, dengan menggelar wisuda di luar, hal ini juga akan memberikan suasana berbeda serta sesuatu yang eksklusif kepada para wisudawan dan orang tua," tambah Sutoyo.

Sutoyo pun berharap para lulusan bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat di masyarakat, serta jangan sampai melupakan almamater. 

"Dengan menjalani prosesi wisuda ini, maka saya berharap para lulusan nantinya sudah benar-benar siap terjun di masyarakat dengan bekal ilmu yang mereka miliki. Tapi satu pesan saya, jangan sampai lupa dengan almamater. Artinya tetap menjaga sikap yang baik agar tidak sampai memberikan nama buruk untuk almamater," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko, menyampaikan pesan inspiratif kepada para wisudawan, dalam sambutannya. 

Bhimo berharap para lulusan mampu menjadi pionir dalam mengembangkan enterpreneurship di masyarakat melalui inovasi. 

"Realitas pasar kerja yang dinamis menuntut kreativitas dan adaptasi, mengingat tidak semua lulusan langsung dapat meniti karier dalam ranah formal. Oleh karena itu, inovasi menjadi kunci untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dan menciptakan peluang-peluang bisnis baru," katanya.

Menurutnya, Unisri sendiri telah menjalin kerja sama erat dengan sektor industri sebagai upaya untuk membuka peluang bagi para lulusannya. 

"Dengan banyaknya kerja sama yang dijalin Unisri bersama sektor industri, maka hal ini tentunya bisa meningkatkan akses bagi para lulusan ke sektor tersebut," tambahnya.

Bhimo juga menjelaskan bahwa tahun ini Ibu Kota Nusantara (IKN) membuka banyak lowongan untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Hal ini menjadi peluang emas bagi para lulusan Unisri untuk meningkatkan level almamater mereka di tingkat nasional.

"Dengan jumlah lulusan Unisri yang semakin tersebar di seluruh wilayah, reputasi dan kualitas institusi ini akan semakin diperkuat di tingkat nasional," pungkasnya. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close