TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Ikuti Donor Darah Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kusumo Putro Ajak Masyarakat Peduli pada Sesama

WARTAJOGLO, Solo - Organisasi massa Patriot Garuda Nusantara (PGN) Makoda Surakarta mengadakan acara donor darah pada Minggu 2 Juni 2024.

Acara digelar di kantor hukum Dr. BRM. Kusuma Putra, SH, MH & Partner yang terletak di kawasan Pujasari Taman Sriwedari, Kota Solo. . 

Donor darah ini sendiri diadakan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan diikuti oleh para pendonor dari wilayah Solo raya.

Dokter Attahira dari Mobile Unit Palang Merah Indonesia (PMI), yang menangani proses donor darah ini menyebut ada lebih dari 50 calon pendonor, namun tidak semua bisa dilakukan pengambilan darah.

Kusumo Putro saat menjalani proses pengambilan darah, di acara donor darah yang digelar dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebab menurutnya hanya yang memenuhi syarat saja yang diterima sebagai pendonor. Dan untuk itu, petugas dari PMI melakukan proses screening saat proses registrasi.

"Ada 25 orang yang memenuhi syarat sebagai pendonor. Syarat-syarat tersebut terkait kadar hemoglobin (HB), tekanan darah, kadar gula darah serta golongan darah yang dibutuhkan," jelasnya.

Terkait golongan darah, menurut Attahira, pada kesempatan ini, pengambilan darah untuk golongan darah AB tidak dilakukan, karena PMI sedang mengalami kelebihan stok. 

"Saat ini di PMI sedang kelebihan stok golongan darah AB. Jadi kita tidak melakukan pengambilan. Karena dikhawatirkan akan terbuang," lanjutnya.

Agung Yos, selaku Ketua PGN Makoda Surakarta mengungkapkan, bahwa kegiatan donor darah ini merupakan agenda rutin organisasi, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. 

"PGN berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa guna membantu mereka yang membutuhkan darah," katanya saat ditemui di sela-sela acara.

Sementara Dr. BRM Kusumo Putro, SH, MH, sebagai tuan rumah acara dan pemilik kantor hukum Kusuma Putra, berharap bahwa kegiatan seperti ini dapat diikuti oleh organisasi-organisasi lain. 

"Acara donor darah tidak hanya membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah secara rutin. Sebab setetes darah kita akan berguna untuk yang membutuhkan," ungkapnya usai menjalani proses pengambilan darah.

Kusumo yang juga bakal calon wakil wali Kota Surakarta dari PDI Perjuangan ini juga ikut menyumbangkan darahnya. 

Setelah melalui proses pemeriksaan, darah pria yang juga Presiden Front Pembela Pancasila (FPP) ini memenuhi syarat untuk diambil.

"Alhamdulillah golongan darah saya B+, dan tensi serta HB saya normal. Jadi bisa diambil. Semoga darah saya bisa bermanfaat untuk sesama," lanjutnya.

Kusumo pun berharap kegiatan kemanusiaan seperti donor darah ini bisa rutin digelar oleh organisasi-organisasi lain.

"Di luar banya saudara kita yang membutuhkan darah. Karena itu saya berharap kegiatan donor darah ini bisa digelar oleh organisasi-organisasi yang lain, sebagai wujud kepedulian dan rasa kemanusiaan," pungkasnya. //Sik

Type above and press Enter to search.

close