TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Tingkatkan Inovasi dan Kualitas Pendidikan, Fakultas Teknik UTP Jalin Kerja Sama dengan PT Teknindo Geosistem Unggul

WARTAJOGLO, Solo - Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan inovasi di bidang keteknikan, serta memberikan manfaat yang signifikan bagi mahasiswa, dosen dan masyarakat luas, Fakultas Teknik Universitas Tunas Pembangunan Surakarta (FT UTP) menjalin kerja sama dengan PT Teknindo Geosistem Unggul.

PT Teknindo Geosistem Unggul sendiri adalah sebuah perusahaan terkemuka, yang berkomitmen untuk menyediakan layanan dan teknologi berkualitas dalam lingkup spesialis geosintetik. 

Kerja sama ini diwujudkan dengan penandatanganan MoU, MoA dan IA pada hari Kamis 13 Juni 2024 di ruang sidang kampus 1 UTP. 

Rektor UTP (tiga dari kanan) dan Direktur PT Teknindo Geosistem Unggul (tiga dari kiri) usai penandatanganan jalinan kerja sama

Rektor UTP, Prof Winarti dalam sambutannya menyampaikan beberapa point dalam penjajakan kerja sama ini, antara lain aktivitas seperti magang industri bagi mahasiswa maupun join riset. 

 “Saya berharap dengan kerjasama ini diharapkan kedua instansi dapat tumbuh besar sehingga apa yang diharapkan  bisa tercapai. Saya juga berharap PT Teknindo Geosistem Unggul dapat membantu mahasiswa kami untuk melaksanakan magang, atau bisa melakukan riset bersama," jelas Prof. Winarti.

Sementara itu kerja sama ini juga disambut baik oleh Direktur PT. Teknindo Geosistem Unggul, Azmi Lisani Wahyu. 

Azmi mengungkapkan bahwa kerja sama ini telah terjalin sebelumnya dan berharap tidak terputus begitu saja.

“Ini merupakan kerja sama kami dengan perguruan tinggi yang ke-40. Sedikit mengenalkan apa yang kami kerjakan dan lakukan, PT. Teknindo Geosistem Unggul merupakan sub kontraktor spesialis di bidang tanah, kami saat ini sedang mengerjakan tol untuk Bawen - Jogja. Di sini kami juga berperan untuk pengecekan tanahnya apakah sudah tepat untuk bisa dibangun jalan tol atau belum, jadi tim kami sering bolak balik ke Jawa Tengah," ungkap Azmi. 

Azmi juga mengusahakan apa yang disampaikan oleh Rektor di mana mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka dalam proyek-proyek nyata. 

Selain itu, mahasiswa juga akan terlibat dalam penelitian bersama yang bertujuan untuk menghasilkan inovasi di bidang geoteknik dan infrastruktur. 

“Kami tentu akan berusaha memfasilitasi kampus yang bekerja sama dengan kami tidak hanya kuliah umum, atau mengisi seminar saja, tapi untuk upgrade skill mahasiswa. Jadi nantinya mereka menjadi project manager mereka tidak lupa dengan Kami. Tentu Kami berkomitmen untuk mendukung pendidikan dan penelitian yang dapat memberikan solusi terbaik bagi tantangan di bidang geoteknik dan infrastruktur," tambahnya. 

Ditemui selesai acara, Dr. Tri Hartanto, S.T., M.Sc selaku Dekan FT menceritakan bahwa sebelumnya FT UTP saat itu sudah melakukan kunjungan lapangan ke proyek yang digarap oleh PT. Teknindo Geosistem Unggul yaitu di Jalan Lingkar Lamongan. 

Tri mengatakan bahwa awalnya daerah tersebut merupakan rawa-rawa yang akhirnya dibuat jalan Lingkar Lamongan. 

“Di sini mahasiswa bisa melihat langsung, oh jadi seperti ini prosesnya pembuatan jalan, bagaimana semula rawa-rawa bisa menjadi akses jalan, bagaimana melihat kondisi tanahnya juga. Ini menjadi pengalaman pembelajaran bagi mahasiswa yang nantinya akan terjun di industry ini," ucap Tri. 

Tri juga menambahkan bahwa benefit lainnya dari kerja sama ini tidak hanya dirasakan mahasiswa, melainkan dosen juga. 

“Kami ada dosen yang sedang studi lanjut S3, Namanya Reki Arbiyanto. Saya berharap Pak Reki bisa bisa dibantu pendanaan untuk riset. Mungkin ya konsep riset nya nanti bisa tentang konsep penanganan tanah sehingga Perusahaan bisa menerima hasil riset yang dilakukan oleh dosen. Mengingat tidak ada lagi MBKM yang didanai pemerintah maka MBKM mandiri harus  kita jalankan dengan kerja sama ini,”imbuhnya. //Hum

Type above and press Enter to search.