TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Tingkatkan Kompetensi Dosen, Prodi HI Unisri Adakan Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif

WARTAJOGLO, Solo - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, melalui Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI), menyelenggarakan "Lokakarya Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif" di Solo Paragon Hotel pada Selasa 11 Juni 2024. 

Lokakarya ini merupakan agenda pertama dari rangkaian kegiatan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang berhasil diperoleh Prodi HI pada tahun 2024.

Prodi HI Unisri berhasil memenangkan hibah PKKM dengan total dana sebesar Rp 1,36 miliar. 

Prodi HI Unisri menggelar lokakarya Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif dan Partisipatif

Dana ini dialokasikan untuk tiga fokus utama yakni pengembangan kualitas lulusan, pengembangan kualitas dosen, dan pengembangan kualitas kurikulum dan pembelajaran. 

Untuk mencapai tujuan pengembangan kualitas kurikulum dan pembelajaran, dirancanglah agenda Lokakarya ini. 

Lokakarya ini bertujuan agar para dosen di Prodi HI Unisri dapat meningkatkan kompetensi mereka dalam melaksanakan pembelajaran kolaboratif dan partisipatif di kelas. 

Dengan metode pembelajaran ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan mendukung pencapaian pembelajaran mata kuliah secara optimal. 

"Jadi, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan, sekaligus dapat mendukung capaian pembelajaran mata kuliah secara optimal," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unisri Solo, Saiful Bahri, dalam sambutannya.

Acara ini menghadirkan narasumber ahli di bidang pengembangan pembelajaran dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, yaitu Dr. Laili Etika Rahmawati dan Munajat Tri Nugroho, Ph.D. 

Materi yang disampaikan oleh para pembicara menjadi bekal penting bagi para dosen untuk merancang Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang sesuai dengan target kurikulum yang ditetapkan. 

Selain itu, para dosen juga diberikan penjelasan mengenai tugas berbasis Outcome Based Education (OBE) yang tepat.

Lokakarya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam proses pembelajaran di Prodi HI Unisri. 

Dengan peningkatan kompetensi dosen dalam metode pembelajaran kolaboratif dan partisipatif, kualitas pembelajaran diharapkan semakin baik, sehingga dapat mencetak lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

Berbagai upaya pengembangan ini, menunjukkan komitmen Prodi Ilmu Hubungan Internasional Unisri untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan inklusif bagi seluruh mahasiswa. //Bang

Type above and press Enter to search.