TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Beri Edukasi dan Hiburan untuk Anak Tuna Rungu, Mahasiswa ISI Surakarta Gandeng Gerkatin Bikin Video Story Telling

Video story telling yang dibuat oleh mahasiswa MBKM ISI Surakarta bekerja sama dengan Gerkatin

WARTAJOGLO, Solo - Mahasiswa yang mengikuti program MBKM Mandiri dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta berkolaborasi dengan Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) dalam pembuatan video edukasi dan hiburan. 

Video tersebut adalah sebuah story telling yang diadaptasi dari buku "Story Telling Fabel Dunia" karya Feny Andiani. 

Dalam video tersebut, diceritakan kisah tentang seekor katak yang sombong dan seekor penyu yang baik hati. 

Tujuan utama pembuatan video ini adalah sebagai sarana edukasi dan hiburan bagi anak-anak tuna rungu. 

Video ini dapat diakses di platform YouTube dan juga dilengkapi dengan pengisi suara serta subtitle agar dapat dinikmati oleh anak-anak yang dapat mendengar. 

Video ini diikuti oleh tiga mahasiswa: Palupi Arum dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV), Bagas Sultan Wiryawan dari prodi TV dan Film, serta Angellia Intan P.G dari prodi Batik. 

Kelompok ini dibimbing oleh Kristina Novi Susanti, S.Sn., M.Sn. Sementara itu, dari pihak Gerkatin, pengarahnya adalah Aprilian Bima Purnanta, S.Sn., dan Cahya Dewi Diwasasri berperan sebagai peraga.

Pengambilan video dilakukan di markas Gerkatin. Setelah melalui proses pembuatan yang cukup lama, akhirnya video edukatif ini berhasil dirilis di YouTube dan Instagram milik Gerkatin pada tanggal 10 Juli 2024. 

Diharapkan, video ini mampu menjadi sarana edukasi yang bermanfaat dan juga hiburan bagi anak-anak tuli, memberikan akses yang setara dalam mendapatkan edukasi dan hiburan.

Dengan adanya video ini, semua anak, baik yang tuli maupun yang dapat mendengar, dapat menikmati cerita yang mendidik dan menghibur. Sehingga memperkuat inklusivitas dalam pendidikan dan hiburan bagi semua kalangan. //Ril

Type above and press Enter to search.