TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Kenang Masa Suram, Prof Anita Trisiana Nyanyikan "Bintang Kehidupan" Saat Dikukuhkan jadi Guru Besar di Unisri

Prof. Dr. Anita Trisiana menyanyikan lagu Bintang Kehidupan usai dikukuhkan sebagai guru besar PPKN di Unisri

WARTAJOGLO, Solo – Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta resmi mengukuhkan Prof. Dr. Anita Trisiana, S.Pd, MH., sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). 

Pengukuhan ini berlangsung di Auditorium Unisri pada Rabu 3 Juli 2024, dan dihadiri oleh jajaran senat serta tamu undangan.

Rektor Unisri, Prof. Sutoyo, dalam sambutannya menyatakan bahwa penambahan guru besar ini akan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di Unisri. 

"Ini sejalan dengan garis kebijakan kami bahwa SDM baik dosen maupun tendik mempunyai peran penting dan strategis dalam rangka mengembangkan sebuah industri perguruan tinggi," ujar Sutoyo. 

Prof. Anita Trisiana kini menjadi guru besar ke-6 di Unisri, yang diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas perguruan tinggi tersebut. 

Prof. Sutoyo juga mengungkapkan harapannya agar para dosen lainnya segera menyelesaikan jenjang S3. 

"Semoga hal ini bisa memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menyusul, termasuk yang belum S3 bisa segera melanjutkan ke jenjang S3," lanjut Sutoyo.

Di sisi lain, Prof. Anita Trisiana merasa sangat bersyukur dengan pencapaian yang diraihnya. Gelar guru besar ini memiliki makna mendalam dalam kehidupan Anita. 

"Arti pencapaian ini bagi saya adalah bagaimana saya mendedikasikan keilmuan saya, kompetensi saya, tanggung jawab saya sebagai seorang pendidik, untuk berkarya memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di dunia pendidikan," ungkap Anita saat ditemui usai pengukuhan.

Acara pengukuhan semakin berkesan ketika Prof. Anita Trisiana menampilkan sebuah kejutan. Setelah seremoni pengalungan samir oleh Rektor Unisri, Anita lantas bernyanyi di depan para tamu undangan dan jajaran senat Unisri. 

Lagu "Bintang Kehidupan" yang dipopulerkan oleh mendiang Nike Ardila dipilih sebagai bentuk curahan perasaannya, atas serangkaian perjuangan hidup yang telah dilaluinya hingga sukses menjadi seorang guru besar.

"Bagi saya lagu ini bercerita tentang sejarah kehidupan saya secara pribadi. Tentang bagaimana saya sudah ditinggal orang tua sejak SMP, hidup sebagai yatim piatu hingga tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua. Tetapi untunglah dengan cinta dan dukungan orang-orang tercinta serta keluarga besar saya, akhirnya saya benar-benar bisa meraih cita-cita saya," kenang Anita sambil matanya berkaca-kaca menahan sedih.

Dengan pengukuhan ini, Prof. Anita Trisiana berharap dapat terus berkontribusi dalam dunia pendidikan, menginspirasi, dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas, serta menjadi teladan bagi rekan-rekannya di Unisri. //Kla

Type above and press Enter to search.