POPULER

Rahasia Sukses Bisnis Ala Puspo Wardoyo

Rahasia Sukses Bisnis Ala Puspo Wardoyo



Tak ingin sukses sendirian, Puspo Wardoyo membagikan rahasia kesuksesannya di hadapan para pengusaha dan ibu rumah tangga

WARTAJOGLO - Solo, Fokus, tekun dan menguasai bidang pekerjaan adalah kunci sukses seorang pengusaha. Dan hal inilah yang selama ini diterapkan oleh Puspo Wardoyo, seperti  yang disampaikannya dalam acara Anjang Bisnis di hadapan para anggota Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) korwil Solo, pada Kamis (17/10) di Gerai Ayam Bakar Wong Solo, Pabelan, Surakarta.

Puspo menceritakan bahwa sejak kecil dirinya sudah bergelut dengan dunia perayaman. Bahkan karena sibuk membantu orang tuanya berbisnis ayam, terkadang sekolahnya sampai terganggu. Tapi justru hal itulah yang menggembleng mental bisnisnya, hingga benar-benar menjadi seorang pengusaha ayam bakar yang sukses.

"Dulu saya sering ketiduran di sekolah, karena kecapekan. Sebelum subuh sudah harus bangun dan membantu orang tua motong ayam, sampai jelang berangkat sekolah. Jadi sampai di sekolah capek dan ngantuk. Tapi dari situ saya jadi benar-benar paham dan menguasai tentang ayam. Sehingga saat harus berbisnis ayam bakar, saya tidak lagi mengalami kendala," papar Puspo Wardoyo yang disambut tawa para anggota KPMI yang hadir.

Ratusan gerai restoran dengan brand Ayam Bakar Wong Solo pun kini menjadi bukti kesuksesan pria asal Karangasem, Solo ini. Tak hanya tersebar di seluruh penjuru tanah air, gerai ayam bakar miliknya juga sudah merambah ke mancanegara, tepatnya di Jeddah, Arab Saudi serta Malaysia. Yang tentunya semakin menguatkan image dirinya sebagai 'rajanya' ayam bakar di Indonesia.

Karena itulah para anggota KPMI Solo mendaulat Puspo untuk berbagi kisah sukses, agar bisa menginspirasi para anggota KPMI dalam menjalankan bisnisnya. Di mana acara anjang bisnis sendiri menjadi agenda rutin KPMI Solo, yang  beranggotakan sebanyak 540 orang. 

"Dalam bisnis selalu ada persaingan. Karena itu kita perlu strategi untuk bisa memenangkan persaingan itu. Dan hari ini kita bisa dapatkan dari pakarnya," ungkap Rochmat Purwanto, ketua KPMI Solo.

Dalam pertemuan itupun Puspo Wardoyo membeberkan semua tips dan rahasia suksesnya, yang didengarkan dengan seksama oleh para anggota KPMI. Dan yang menarik adalah pada point sedekah, yang menurut Puspo Wardoyo tidak boleh terlalu berhitung. Padahal sebagai seorang pengusaha, untung dan rugi sekecil apapun harus selalu dihitung dengan cermat.

"Saya selalu menerapkan syariat agama dengan kuat di semua gerai saya. Jadi selain ibadah wajib, tiap pagi saya juga mensyaratkan shalat dhuha pada semua karyawan. Dengan begitu ketaatan mereka akan terus terjaga. Dan satu hal yang juga tidak boleh ditinggalkan adalah zakat atau sedekah. Jadi jangan takut bersedekah. Sebab sedekah tidak akan mengurangi, tapi malah akan menambah," ungkap Puspo Wardoyo

Hal yang sama juga disampaikan Puspo Wardoyo di hadapan para ibu rumah tangga, sehari sesudahnya. Dalam pertemuan itu Puspo menekankan bahwa dalam berbisnis harus fokus dan tekun. Lalu kalau misal harus menjalin kerjasama, harus dengan orang yang sudah berkompeten di bidangnya. Sehingga apa yang dijalankan benar-benar bisa serius.

"Bisnis itu tidak boleh coba-coba. Kalau memang sudah memutuskan berbisnis sesuatu, ya kita harus fokus dan tekun. Karena itu, kalau misal harus kerjasama, kita harus menggandeng orang yang sudah ahli di bidang itu. Jangan salah pilih orang. Karena saya jamin tidak akan bisa bertahan lama," ungkap Puspo Wardoyo. //Her

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel