POPULER

Antisipasi Banjir, Wakapolres Wonogiri Pimpin Tim Gabungan TNI-Polri Bersihkan Sungai

Antisipasi Banjir, Wakapolres Wonogiri Pimpin Tim Gabungan TNI-Polri Bersihkan Sungai



Dari penyusuran sungai, ditemukan banyak hal yang bisa memicu bencana banjir


WARTAJOGLO, Wonogiri - Beberapa kawasan di Kabupaten Wonogiri, selama ini kerap menjadi langganan banjir. Dan hal itu bukan tidak mungkin akan terjadi ke depan. Mengingat cuaca ekstrim diperkirakan masih akan menyelimuti wilayah Indonesia, hingga beberapa waktu yang akan datang.

Karena itulah berbagai upaya terus dilakukan oleh hampir seluruh elemen masyarakat. Termasuk jajaran TNI dan Polri. Yang pada hari Jumat (17/1) siang melakukan upaya pembersihan sungai, di sepanjang wilayah Desa Kaliancar, Gemantar dan Jaten, Kecamatan Selogiri. 

Dengan menggunakan sebuah perahu karet, tim yang dipimpin oleh Wakapolres Wonogiri Kompol Adi Nugroho itu memeriksa setiap sudut sungai uang menjadi hulu sungai Bengawan Solo. Pemandangan mencengangkan pun ditemui. Karena banyaknya tumpukan sampah di beberapa titik lokasi.

Kondisi ini juga diperparah dengan adanya penyempitan, yang terjadi karena proses pendirian bangunan di tepi sungai. Serta banyaknya rumpun pohon bambu yang roboh ke arah sungai.

"Dari pengamatan kami, ada kondisi-kondisi yang bisa membuat aliran sungai tidak lancar. Di antaranya tumpukan sampah, penyempitan lebar sungai, rumpun bambu yang longsor, serta sungai yang berkelok-kelok. Sehingga bila tidak segera dibenahi, bisa rawan memicu banjir," ujar Wakapolres di sela-sela kegiatan.

Karena itulah, tim gabungan TNI dan Polri inipun segera melakukan tindakan pembersihan, terutama pada tumpukan sampah. Tujuannya agar aliran sungai menjadi lancar.

"Kami sangat menghimbau kepada warga yang berada di sekitar sungai untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai. Sebab hal itu bisa memicu masalah besar, saat hujan deras melanda," tegasnya.//sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel