POPULER

Membuka Wawasan di tengah Pameran BARSAMBAT

Membuka Wawasan di tengah Pameran BARSAMBAT


Banyak pelajaran yang bisa diambil dari beragam karya para mahasiswa ISI yang dipajang dalam pameran BARSAMBAT

WARTAJOGLO, Solo - Beragam karya yang menjadi bagian dari tugas akhir para mahasiswa DKV FSRD dipamerkan, dalam pameran bertajuk BARSAMBAT#2. BARSAMBAT atau Branding Desain Exebition sendiri digelar selama tiga hari dari tanggal 21 - 23 Januari 2020 di Pendopo Ageng GPH Joyokusumo, Institusi Seni Indonesia (ISI) Surakarta. 

Salah satu karya unggulan dalam pameran ini adalah dari tugas mata kuliah Tipografi Nusantara serta Desain Piktogram dan Identitas Korporat. Di mana perancangannya mengambil tema besar elemen estetis di kota Surakarta. Yang meliputi bangunan bersejarah, monumen, cagar budaya, pasar tradisional, museum, wisata budaya, ruang publik, dan objek kerajinan.

Dalam pameran yang dirangkai dengan beragam acara pendukung seperti e-sport competition, boardgame dan bedah karya ini dipajang sekitar 142 karya dari 69 mahasiswa. Yang mana merupakan wujud apresiasi terhadap hasil karya yang dibuat mahasiswa, selain sebagai bagian dari tugas akhir mereka. 

 Pameran ini sendiri dibuka untuk umum. Sehingga masyarakat di luar kampus bisa menyaksikan dan menilai seluruh hasil karya mahasiswa itu. Di mana di dalamnya juga dirangkai dengan berbagai kegiatan pendukung, seperti Workshop Script Calligraphy serta Creative Sharing dengan tema "Being a Junior Graphic Junior".

Antusiasme masyarakat luar pun terlihat pada acara ini. Salah satunya dari para siswa SMA Negeri Ambulu Jember, Jawa Timur yang datang khusus untuk menyaksikan pameran. Tampak ratusan siswa ini dengan seksama mengamati satu per satu karya para mahasiswa, sembari menimba ilmu dari teknik-teknik pembuatan karya itu. 

"Kegiatan ini juga bertujuan untuk membuka kerjasama serta memberi informasi seluas-luasnya, serta sebagai bagian dari pertanggungjawaban kepada masyarakat," ujar Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta.

Rombongan yang berjumlah sekitar 370 siswa kelas XI itu datang pada hari Rabu (22/1) siang. Tujuan kedatangan mereka selain menyaksikannpameran adalah untuk mengenal lebih dekat ISI Surakarta, sebagai perguruan tinggi seni.

"Lewat kegiatan ini diharapkan para siswa lebih terbuka lagi wawasan dan pengetahuan seputar bidang ilmu desain komunikasi visual, kompetensi yang akan dicapai dalam perkuliahan, serta gambaran kehidupan kampus nantinya apabila berminat dan diterima sebagai mahasiswa di ISI Surakarta," Sambung Asmoro. //bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel