POPULER

Sajian Menu Rahasia dari Kota Terlarang di Novotel Solo

Sajian Menu Rahasia dari Kota Terlarang di Novotel Solo


Penjagaan yang sangat ketat, membuat tidak semua orang bisa masuk Istana Kota Terlarang. Termasuk merasakan menu-menu makanannya


WARTAJOGLO, Solo - Perayaan Imlek saat ini bukan lagi milik etnis Tionghoa. Hampir semua orang ikut larut dalam hingar bingar pergantian tahun Cina itu. Sehingga beragam pernak pernik khas masyarakat Tionghoa terlihat menghias di hampir setiap sudut kota, jelang datangnya Imlek.

Pun demikian dengan hotel-hotel dan restoran, yang juga tak mau ketinggalan untuk ikut menawarkan beragam paket spesial, kepada para tamunya. Salah satunya Novotel Solo, yang menawarkan The Forbidden City Gala Dinner di Andrawina Restaurant.

Ya. Sesuai dengan temanya, dalam acara tersebut pihak Novotel akan menyajikan beragam menu istimewa. Yang diracik dengan bumbu rahasia, khas Istana Kota Terlarang warisan Dinasti Ming.

Istana Kota Terlarang

Dalam sejarah Cina, Dinasti Ming menjadi salah satu dinasti yang istimewa. Karena dinasty ini muncul setelah berhasil menghancurkan bangsa asing (Mongol), yang menguasai negeri Cina selama hampir seabad.

Di masa pemerintahan dinasti inilah, kemakmuran bangsa Cina meningkat. Hal ini ditandai dengan populasi mereka yang berkembang sangat cepat. Kreatifitas warga juga berkembang, termasuk di bidang kuliner. Sehingga saat itu konon banyak sekali muncul beragam menu makanan khas. Yang diyakini terus bertahan hingga saat ini.

Hanya saja eksklusifitas sangat diterapkan pada menu-menu tertentu. Sehingga tidak semua orang bisa merasakan lezatnya sajian yang khusus dibuat untuk keluarga kerajaan. Sebab kerahasiaan resep masakan itu dijaga dengan ketat. Seiring dengan tertutupnya kawasan Kota Terlarang.

Namun seiring dengan keruntuhan Dinasti Ming dan Dinasti Qing sebagai penerusnya, pada awal 1900 an. Kawasan Istana Kota Terlarang tak lagi ditempati. Dan bersamaan dengan itu semua orang bisa masuk untuk melihat komplek istana terbesar di dunia ini. Termasuk bisa menikmati sajian-sajian khas keluarga kerajaan, yang selama ini nyaris mustahil dirasakan masyarakat umum.

Meski demikian, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menikmati sajian-sajian itu. Sebab para bekas juru masak Istana Kota Terlarang tidak dengan mudah membagikan resepnya. Bahkan beberapa rumah makan yang menyajikan menu-menu rahasia itu, selalu mematok harga tinggi untuk makanan yang disajikan.

Keistimewaan dan eksklusifitas menu warisan Kota Terlarang inilah yang akan disajikan Novotel Solo dalam menyambut Imlek. Dengan harapan semua orang bisa menikmati menu-menu yang diracik dengan resep rahasia, khas Istana Kota Terlarang.

Chef Sutarno menyiapkan menu warisan Dinasti Ming untuk menyambut Imlek

"Di acara The Forbidden City Gala Dinner ini kami menyajikan menu Ayam Pengemis with Plum Sauce dan Peckin Duck with Hoisin Sauce. Mennu ini sangat spesial karena merupakan menu khas di jaman Dinasti Ming," ujar Chef Sutarno selaku Sous Chef Novotel & Ibis Styles Solo, dalam acara jumpa pers, Jumat (17/1) siang, di Novotel Solo.

Ayam Pengemis merupakan hidangan berbahan dasar daging ayam segar utuh yang diisi dengan aneka sayur yang telah diberi bumbu rempah khas Tiongkok. Lalu dibungkus dengan daun teratal untuk selanjutnya dibalut dengan adonan roti, dan dipanggang kurang lebih selama 2 jam. Kemudian disajikan dengan plum sauce yang segar.

Sementara Pecking Duck with Hoisin Souce merupakan hidangan makanan mewah yang menjadi salah satu menu favorit anggota kerajaan dari Dinasti Ming. Berbahan dasar dari bebek pilihan yang dilumuri dengan rempah-rempah khas Cina. Sehingga menimbulkan aroma yang wangi serta daging akan berubah menjadi kemerahan setelah dimasak. Kemudian dihidangkan bersama Sauce Hoisin yang merupakan sauce hasil fermentasi kedelai yang berwarna coklat pekat dan memiliki rasa manis sedikit pedas.

Metal Mouse Cake jadi sajian khas untuk perayaan Imlek di Novotel & Ibis Style Solo

Untuk hidangan pelengkap disajikan The Metal Mouse Cake. Yang berupa cake lembut dengan citarasa manis, yang berhiaskan boneka tikus sesuai dengan Shio tahun Cina saat ini.
"Dari rangkaian menu yang ada, kami juga menyajikan Yee Sang Salad yang memiliki filosofi tersendiri. Yang mana ketika disantap bersama sama dengan keluarga, dipercaya membawa berkah dan rejeki yang semakin melimpah," lanjut Sutarno.

Seluruh rangkaian menu Oriental tersebut tersaji dalam The Forbidden City Gala Dinner yang diadakan Andrawina Restaurant pada Jum'at, 24 Januari 2020 dari pukul 18.00-21.00. Selain dimanjakan dengan hidangan bercitarasa oriental para tamu juga disuguhi beragam hiburan seperti Barongsai Show dan Mandarin Singer. Yang senantiasa mengiringi jamuan makan malam dengan lagu-lagu Mandarin. Dan jika beruntung para tamu juga memenangkan Lucky Angpao, saat acara makan malam.

"Cukup dengan Rp.189.000,-nett/pax, all you can eat. Para tamu dapat menikmati seluruh rangkaian sajian The Forbidden City Gala Dinner, bersama keluarga maupun kolega," jelas Indah Ayu, e-Commerce Marketing Novotel & Ibis Style Solo.//bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel