POPULER

Ternyata Begini Cara Siswa SD Peringati Hari Pers Nasional

Ternyata Begini Cara Siswa SD Peringati Hari Pers Nasional


Melalui pembuatan kliping, para siswa diajarkan untuk meningkatkan budaya membaca, agar wawasan semakin luas

WARTAJOGLO, Solo - Momen Hari Pers Nasional (HPN) tak hanya diperingati okeh mereka yang selama ini berprofesi sebagai jurnalis. Sebab makna HPN memang bukan sebatas sebuah peringatan dengan segala seremoninya. Ada banyak nilai yang bisa dipetik, terutama terkait peningkatan kemampuan literasi masyarakat. Sehingga wawasan mereka menjadi semakin terbuka.

Hal itu pula yang ingin ditunjukkan oleh para siswa dari SDN Tugu Jebres, Surakarta. Meski tidak memiliki hubungan dengan dunia jurnalistik, para siswa ini juga ikut ambil bagian untuk merayakan HPN. Tentunya dalam wujud yang lain.

Diinisiasi oleh Komunikotavisual, para siswa SD ini menggelar acara "Membaca Dunia Lewat Kliping Berita" pada Selasa (11/2) pagi, di halaman sekolah. Di dalamnya, para siswa diajak untuk membaca beragam berita yang sudah disusun menjadi sebuah kliping.

Selain itu, para siswa juga akan menyusun potongan berita yang dipilih untuk dibuat kliping. sebagai media edukasi, agar gemar membaca dan budaya literasi. Caranya dengan menempelkan potongan-potongan berita dalam selembar kertas A4 kuarto, serta diberi coretan gambar bebas sebagai media ekspresi dan berkreasi.

"Pesan yang ingin disampaikan dalam kegiatan kreatif ini berupa budaya membaca dan literasi, perlu ditingkatkan dan dikenalkan sejak dini kepada siswa sekolah dasar," ujar Basnendar Herryprilosadoso, co-founder Komunikotavisual. //bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel