POPULER

Terapkan Jaga Jarak Saat Apel hingga Patroli Malam. Itulah Cara Polres Wonogiri Cegah Corona

Terapkan Jaga Jarak Saat Apel hingga Patroli Malam. Itulah Cara Polres Wonogiri Cegah Corona



Beragam upaya dilakukan jajaran Polres Wonogiri, untuk ikut mencegah penyebaran wabah Corona di masyarakat

WARTAJOGLO, Wonogiri - Maklumat dari Kapolri terkait pencegahan penyebaran virus Corona, langsung dengan cepat ditindak lanjuti pihak Polres Wonogiri. Selain menerapkan physical distancing untuk para anggota yang mengikuti apel pagi, Senin (23/3). Kapolres Wonogiri AKBP. Christian Tobing juga memerintahkan para anggotanya untuk gencar mensosialisasikan social distancing ke masyarakat.

Untuk itu, pada Senin malam dilakukan patroli dalam skala besar oleh para anggota Polres Wonogiri. Patroli yang digelar mai pukul 20.00 hingga 00.00 WIB itu dipimping langsung oleh Kapolres. Dan menyasar sudut-sudut kota yang kerap digunakan warga untuk berkumpul atau nongkrong.

Kepada para warga yang ditemui, para anggota Polres Wonogiri memberikan bimbauan untuk menerapkan social distancing. Selain itu juga dibagikan selebaran berisi maklumat dari Kapolri, yang salah satu isinya adalah penerapan sanksi untuk mereka yang tidak mematuhi himbauan.

BACA JUGA:

Dari Mapolres hingga TK. Semua Disterilisasi


“Dengan ujung tombaknya seluruh anggota Polri, kami berharap masyarakat bisa mengikuti himbauan yang sudah ada. Karen itu pula kami terus melakukan sosialisasi melalui media sosial maupun media mainstreem. Dengan begitu kebijakan social distancing bisa sampai ke masyarakat," ujar Kapolres di sela-sela pelaksanaan patroli.

Kapolres juga menambahkan bahwa kegjatan ynag dilaksanakan jajarannya bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya gangguan di masyarakat. Sebab situasi yang serba tidak menentu terkait menyebarnya wabah corona ini, memang dipandang berpotensi memicu terjadinya gejolak yang bisa memunculkan gangguan di masyarakat.

“Dengan kondisi seperti ini tentunya Polri sudah memetakan gangguan yang akan muncul di masyarakat. Sesuai tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Polri, keamanan dan ketertiban masyarakat adalah hal utama,” tandas AKBP Christian Tobing. 

Kapolres Wonogiri bersama Dandim, Kasatpol PP, Kepala Dinas Kesehatan serta Ketua PMI berkolaborasi untuk melakukan penyemprotan disinfektan 

Kolaborasi Tiga Pilar

Selain menggelar patroli, jajaran Polres Wonogiri juga terus melaksanakan kegiatan sterilisasi berbagai tempat, dengan cairan disinfektan. Dan pada hari Selasa (24/3) pagi, Polres Wonogiri bergerak bersama instansi yang lain, di antaranya dari Kodim 0728/Wonogiri, Satlol PP, Dinas Kesehatan, serta PMI.



Kolaborasi tiga pilar ini bergerak melakukan penyemprotan beberapa fasilitas umum. Di antaranya Mako Polres Wonogiri, Pasar Kota Wonogiri, Terminal Angkutan Kota dan Rumah Tahanan Kelas 2B Wonogiri.

"Kami menghimbau agar masyarakat rajin menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Cuci tangan dengan sabun, jika perlu lakukan penyemprotan dengan disinfektan. Jika beraktifitas di luar rumah menggunakan masker. Dan jika mengalami gejala seperti demam tinggi, batuk kering dan sesak nafas segera pergi berobat Sedangkan untuk para anggota, saya harap untuk pro aktif memberikan himbauan langsung kepada masyarakat," jelas Kapolres.

Sementara Kepala PMI Wonogiri Warjo menjelaskan pihakya menggunakan cairan disinfektan berbahan dasar zat clorin. Zat tersebut ampuh guna membunuh aneka bakteri, virus dan kuman berbahaya.

Warjo menerangkan, ada 40 titik di empat kecamatan yakni Selogiri, Wonogiri, Ngadirojo dan Sidoharjo yang diadakan pemyemprotan. Sehingga diharapkan bisa segera mengatasi permasalahan akibat wabah corona.

"Ini wujud edukasi kepada masyarakat, untuk sadar akan kebersihan dan kesehatan. Dan dalam kegiatan ini, kita semprot fasilitas umum seperti sekolah, bank, tempat ibadah dan pasar,"  tegasnya. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel