POPULER

Siasati Persaingan di Revolusi Industri 4.0. STIE AUB Siapkan Kantor Bursa Kerja Khusus

Siasati Persaingan di Revolusi Industri 4.0. STIE AUB Siapkan Kantor Bursa Kerja Khusus


Pembekalan secara khusus diperlukan untuk para tenaga kerja, agar skill mereka sesuai dengan yang dibutuhkan dunia kerja

WARTAJOGLO, Solo - Di tengah upaya mengejar ketertinggalan dengan negara lain yang lebih maju, bangsa Indonesia justru masih dihadapkan pada persoalan yang sangat elementer. Yakni minimnya pengangguran karena skill para tenaga kerja.

Hal ini terjadi karena sekitar 57,5% pekerja, hanya lulus sekolah tingkat SD atau SMP. Sementara untuk yang memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi, justru lebih banyak meenganggur, karena skill mereka tidak terserap dunia industri.

"Banyak di antara para tenaga kerja kita yang berpendidikan tinggi, justru tidak bekerja. Sebab skill mereka tidak memenuhi standar yang dibutuhkan dunia industri. Sementara untuk tenaga kasar, masih tetap terbuka. Karenanya lantas yang banyak terserap adalah mereka yang berpendiidkan rendah," jelas Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, saat meresmikan pembukaan Kantor Bursa Kerja  Khusus (BKK) di STIE AUB, Surakarta, Selasa (10/3) siang.


Karena itu Menaker menjelaskan bahwa untuk transisi menuju Revolusi Industri 4.0. dibutuhkan program-program khusus yang bisa membantu para tenaga kerja untuk meningkatkan skill mereka. Sehingga dunia industri bisa menyerap tenaga mereka.

"Pengembangan triple skilling baik itu skilling, re skilling ataupun up skilling akan efektif untuk bisa mendongkrak kemampuan tenaga kerja. Dengan begitu maka bangsa Indonesia bisa benar-benar jadi negara maju di tahun 2045," sambung Menaker.

Karena itulah dengan dibukanya Kantor BKK di STIE AUB, diharapkan bisa menjadi jalan terwujudnya proyeksi tersebut. Di mana mereka yang bergabung dengan BKK ini nantinya bisa mendapatkan pembekalan secara khusus serta penyaluran yang tepat, sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.

Di akhir acara, Menaker menanda tangani prasasti tanda dibukanya secara resmi BKK di STIE AUB. Tampak hadir mendampingi, ketua yayasan Karya Dharma Pancasila, Dr. Anggoro Panji Nugroho, SE, MM. Yang dalam sambutannya sebelum peresmian, menekankan bahwa STIE AUB bertekad untuk mencetak lulusan yang pancasilais. //bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel