POPULER

Gebrakan Bhayangkari Wonogiri. Bagikan Ribuan Face Shield Buatan Sendiri

Gebrakan Bhayangkari Wonogiri. Bagikan Ribuan Face Shield Buatan Sendiri



Ribuan APD jenis Face Shield dibagikan ke para pihak yang terlibat dalam penanganan wabah corona di wilayah Kabupaten Wonogiri

WARTAJOGLO, Wonogiri - Penyebaran wabah Covid-19 yang masih sedemikian masif, mendorong siapapun untuk melakukan berbagai cara agar tidak tertular. Salah satunya seperti yang dilakukan Ketua Bhayangkari Cabang Wonogiri Ny. Dani Tobing. Yang berinisiatif membuat face Shield (pelindung wajah) sendiri. 

Pembuatan APD (alat pelindung diri) face shield ini atas petunjuk serta bimbingan dari Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Tengah, Ny. Ningrum Rycko Amelza Dahniel. Yang selanjutnya akan dibagikan kepada tenaga medis dan relawan dalam penanganan virus Corona (COVID-19) secara cuma-cuma.

Langkah ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial kepada para tenaga medis dan tenaga pengamanan TNI – POLRI yang melakukan penanganan COVID-19. Yang sejauh ini rawan terpapar virus corona, di tengah minimnya persediaan APD.

“Seluruh pengurus bhayangkari bekerja secara serentak di rumah masing-masing membuat  APD sendiri yaitu FACE SHIELD sejak tanggal 24 Maret. Dan hingga kini telah berhasil diproduksi 2400 unit serta telah dibagikan kepada para tenaga medis dan relawan yang ada di wonogiri,“ jelas Dani Tobing Selasa (7/4) siang. 

BACA JUGA:

Berbagi APD ke Rumah Sakit dalam Aksi #NyalakanCahaya


Dari tutorial yang dibagikan, proses pembuatan APD ini terbilang sederhana. Meski demikian manfaatnya sungguh besar. Sehingga masyarakat yang berkaitan dengan aktifitas penanganan wabah corona, bisa membuatnya sendiri di rumah, demi mencegah penularan wabah ini.

Dani menjelaskan bahwa untuk membuat APD ini cukup menyediakan stapless, penggaris, spidol, dan gunting/cutter. Selanjutnya bahan yang di gunakan yaitu mika, busa, karet elastis, serta double tape.

Sementara Paur Humas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono menambahkan, bahwa face shield yang dibuat oleh pengurus bhayangkari ini menggunakan bahan plastik mika dengan ketebalan 0,3 milimeter. Untuk panjangnya 30 sentimeter dan lebarnya 30 sentimeter. Plastik mika yang digunakan cukup bening, sehingga tidak mengganggu penglihatan tenaga medis saat penanganan.

Face shield produksi bhayangkari dibagikan me puskesmas di seluruh Wonogiri 

“Untuk pembuatannya dipimpin oleh Ketua Bhayangkari Ny. Dani Tobing dan seluruh pengurus bhayangkari cabang Wonogiri. Dengan adanya barang tersebut dapat membantu para tenaga medis, TNI – POLRI dan relawan yang saat ini sedang membutuhkan APD seperti itu,” jelas Iwan.

Selanjutnya untuk distribusinya dilakukan oleh Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, dengan melibatkan personil polres dan polsek. Yang mana salah satu sasarannya adalah para tenaga medis puskesmas, yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Wonogiri. //sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel